Pendidikan & Kesehatan

Kongkow Kepemudaan, La Societe Institute Mencoba Hadir Jawab Persoalan Kepemudaan di Indonesia

Surabaya (beritajatim.com) – Kemiskinan, pengangguran, dan kriminalitas, merupakan cuplikan konfigurasi permasalahan yang mendera sekujur tubuh sosial masyarakat Indonesia, hal tersebut seolah menjadi pekerjaan yang tak kunjung usai.

Gumpalan permasalahan tersebut terus menggentayangi dan perlahan menjelma persoalan yang menghambat laju perkembangan dan pembangunan Indonesia.

Guna mencari solusi atas permasalahan pelik diatas, sekelompok pemuda di Kota Surabaya yang tergabung dalam La Societe Institute menyelenggarakan sebuah kajian dengan tema “Tentang Pemuda”.

Kajian yang berlangsung di Satu Atap Co Working Space, turut hadir tiga tokoh muda yang berbagi pengetahuan seputar kepemudaan sesuai dengan spesifikasi keilmuannya. Tiga tokoh yang dimaksud diantaranya; Samsol A. M. sebagai anggota DPRD Kabupaten Bangkalan, Abdullah Aufa F selaku CEO Speaktograph Data Lab, dan Ferhadz A. M sebagai perwakilan dari La Societe Institute.

Miftahul Ulum selaku Direktur La Societe Institute mengutarakan, bahwa keberadaan lembaga yang digawangi bersama rekan-rekannya memiliki tujuan kongkrit untuk menghadirkan solusi sebagai respon atas permasalahan sosial kemasyarakatan berbasis peran kepemudaan.

“Kami hadir dengan niat dan tekad kuat, sebagai pemuda, untuk merawat nalar baik dan berkontribusi nyata untuk masyarakat melalui kajian dan penelitian seputar kepemudaan” ungkapnya kepada beritajatim.com, Kamis (12/9/2019).

Acara dalam rupa “Kongkow Kepemudaan” tersebut, dihadiri oleh pemuda dari lintas organisasi di wilayah Jawa Timur. Mulai dari unsur Badan Eksekutif Mahasiswa, Organisasi Ekstra Kampus, Organisasi Mahasiswa Daerah, Komunitas Literasi, dan lain sebagainya. Acara berlangsung aktif dan interaktif dengan dialog dua arah antara pemantik diskusi dengan peserta.

Forum kepemudaan ini merupakan yang pertama diselenggarakan oleh La Societe Institute, sekaligus merupakan soft launching lembaga yang di isi dan digerakkan oleh spirit pemuda.

Perlu diketahui bahwa La Societe Institute merupakan lembaga Kajian dan Penelitian Kepemudaan yang diisi oleh pemuda-pemuda lintas disiplin keilmuan. (kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar