Pendidikan & Kesehatan

Kondisi Kabulog Jatim Stabil, Seluruh Pegawai Jalani Rapid Test, Hasilnya?

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Pimpinan Wilayah BULOG Jatim, Amrullah menuturkan bahwa dengan berat hati perlu menyampaikan bahwa salah satu pejabat yang bertugas di Kantor Wilayah Perum BULOG Jatim telah terkonfirmasi positif virus Covid-19.

Hal ini berdasarkan hasil tes swab yang telah dijalankan di salah satu rumah sakit. “Saat ini yang bersangkutan dalam kondisi stabil, dikarenakan telah mengikuti prosedur protokol kesehatan yang diterapkan Perum BULOG dan telah mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit di Surabaya,” kata Amrullah melalui rilisnya kepada beritajatim.com, Sabtu (13/6/2020).

Dalam keseharian, pejabat tersebut bertugas pada posisi pengambil kebijakan yang tidak berhubungan langsung dengan masyarakat dan tidak berhubungan langsung dengan kegiatan operasional. Sehingga, dapat dipastikan tidak akan berdampak apapun terhadap kegiatan operasional Perum BULOG di Jatim.

“Kami sangat prihatin terhadap kondisi yang menimpa beliau. Dukungan penuh dan perhatian yang intensif akan kami berikan demi mendukung proses kesembuhan beliau. Harapan kami agar proses penyembuhan dapat berjalan lancar dan dapat segera pulih,” tegas Amrullah.

Amrullah juga menyampaikan telah dilakukan rapid test secara serentak kepada semua pegawai tanpa terkecuali, sesuai dengan anjuran prosedur protokoler kesehatan. Tes yang dilakukan secara aktif dan melakukan upaya-upaya preventif, sehingga dapat mendeteksi dan meminimalisir potensi penyebaran.

“Alhamdulillah, setelah menjalankan rapid test semua pegawai Kantor Wilayah Perum BULOG dinyatakan non reaktif terhadap Covid-19. Dan, dipastikan bahwa kegiatan operasional pun akan berjalan secara normal demi menjamin pasokan pangan di wilayah Jatim,” ujar Amrullah.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Perum Bulog Divre Jatim, Khozin terpapar Covid-19. Saat ini, Khozin sedang berada di RS Premier Surabaya menjalani perawatan sejak tiga hari lalu. “Iya Mas, benar saya positif. Hasil swab sudah keluar tiga hari lalu dan langsung seketika itu saya dirawat di RS Premier Surabaya. Mohon doanya agar segera sembuh,” ujar Khozin yang dikonfirmasi beritajatim.com, Jumat (12/6/2020).

Menurut Khozin, dirinya tidak mengetahui tertular Covid-19 dari mana. Dirinya mengaku tidak enak badan, seperti bergejala badan panas. Sejak tiga hari lalu, Khozin sudah tidak masuk bekerja ke kantornya di Jalan Ahmad Yani Surabaya. “Karena saya tidak enak badan itu, akhirnya saya melakukan swab,” tuturnya.

ilustrasi: rapid test

Sementara itu, Perum BULOG Kanwil Jatim juga konsisten menerapkan protokol pencegahan virus Covid-19 dalam memasuki skenario The New Normal untuk perlindungan operasional kepada perkerja dan stakeholder dalam bekerja di dalam dan di luar wilayah kerja Perum BULOG Kanwil Jatim.

The New Normal ini sesuai dengan kebijakan Kantor Pusat dan arahan Menteri BUMN melalui surat nomor S-336/MBU/05/2020 pada 15 Mei 2020 perihal Antisipasi Skenario The New Normal BUMN.

Skema yang telah dimulai pada 25 Mei 2020 tersebut, BULOG Kanwil Jatim menyiapkan protokol untuk mengatur langkah-langkah dan tahapan yang di antaranya terkait kewajiban penggunaan masker, sterilisasi lingkungan kerja maupun pemeriksaan kesehatan dan tracking kondisi pekerja.

Juga, terkait pengaturan kehadiran pekerja di kantor dan di daerah operasi, pengaturan pertemuan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi dan digitalisasi. “BULOG Kanwil Jatim sudah lakukan protokol untuk skenario The New Normal di seluruh lini kegiatan operasional di seluruh wilayah kerja, kami sudah menerapkan skenario ini sesuai arahan kebijakan dari Kantor Pusat,” ujar Amrullah.

Sampai saat ini, BULOG Kanwil Jatim tetap fokus menerapkan protokol yang ketat di seluruh wilayah operasi untuk memastikan kesehatan pekerja dan stakeholder lainnya serta memitigasi agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di wilayah kerja.

Penerapan protokol tersebut diawasi oleh Satgas Task Force Covid-19 BULOG yang telah terbentuk sejak Maret lalu. “Sesuai arahan Menteri BUMN, BULOG akan terus mendukung Iangkah-langkah strategis Pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Kami juga siap melakukan berbagai penyesuaian dari aspek manusia, proses bisnis dan teknologi, untuk memastikan stabilisasi dan ketersediaan pangan nasional,” kata Amrullah.

Amrullah juga menegaskan bahwa roda operasional dan pelayanan penjualan via daring dengan nama IPANGANANDOTCOM melalui platform Shopee tetap berjalan dengan normal. BULOG Kanwil Jatim tetap akan memastikan bahwa pasokan pangan aman selama masa penangan pandemik Covid-19. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar