Pendidikan & Kesehatan

Kondisi 2 ODP dan 5 OTG yang Diisolasi di RSUD Syamrabu Bangkalan Kian Membaik

Bangkalan (beritajatim.com) – Kabupaten Bangkalan, menempati posisi tertinggi pasien terinfeksi Covid-19 se pulau Madura. Pasalnya, hingga saat ini sebanyak 12 orang warga Bangkalan dinyatakan positif Corona, dua pasien sembuh dan 10 masih dirawat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, Sudiyo, seluruh pasien saat ini kondisinya membaik. Bahkan, satu pasien masih menunggu hasil swab kedua untuk dinyatakan sembuh. “Untuk kondisi, baik pasien yang ada di Surabaya dan di Syamrabu kondisinya sudah membaik,” ujarnya, Senin (4/5/2020).

Ia mengatakan, meski 8 pasien diisolasi di RSUD Syamrabu Bangkalan, hanya ada satu pasien yang masih dalam fase perawatan. Sedangkan 7 pasien lainnya dinyatakan membaik dan akan dilakukan swab ulang untuk mengetahui tingkat pengobatan kesembuhan. “Ada 1 pasien dalam fase perawatan, 2 ODP dan 5 lainnya OTG. Semua terus membaik,” tambahnya.

Ia mengatakan, dalam SOP penyembuhan pasien Covid-19 ini, pasien akan dilakukan swab ulang setelah seminggu dirawat dan diobati. Setelah swab tersebut, tiga hari berikutnya akan dilakukan swab kedua untuk mengetahui hasil perkembangan pasien.

“Harus dua kali berturut-turut memiliki hasil negatif untuk bisa dinyatakan betul-betul sembuh, kalau misalnya salah satu hasil masih positif maka akan terus dirawat,” imbuhnya.

Sementara itu, hasil tracing pasien ke-12 saat ini telah dilakukan swab terhadap suami dan anak namun hasilnya negatif. Meski demikian, keduanya akan tetap dilakukan swab untuk mengetahui tingkat infeksi virus tersebut.

“Kemarin kita konsultasi dengan Dnkes Provinsi dan disarankan untuk tetap dilakukan swab, maka besok jam 10 keduanya akan diswab,” pungkasnya.[sar/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar