Pendidikan & Kesehatan

Satu Ruang Maksimal 20 Orang

Kompetisi Sains Madrasah Terapkan Protokol Kesehatan

Peserta KSMO sedang mencuci tangan di samping gerbang MAN 3 Jombang, Selasa (27/10/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritjatim.com) – MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 3 Jombang dijadikan salah satu tempat ujian KSMO (Kompetisi Sains Madrasah Online). Pelaksanaan ujian di sekolah yang berada di PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Para peserta yang hendak mengikuti kompetisi diwajibkan mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dulu. Tentu saja, deretan kran air sudah disiapkan oleh panitia di sampaing gerbang sekolah. Setelah melakukan cuci tangan secara bergantian, peserta dicek suhu badannya menggunakan thermo gun oleh petugas. Mereka juga wajib memakai masker ketika memasuki sekolah.

Setelah berada di ruangan, peserta diharuskan menjaga jarak antara satu dengan lainnya. Oleh sebab itu, satu ruangan maksimal diisi 20 perserta. Kursi yang ditempati peserta juga ditata sedemikian rupa. Antara kursi satu dengan kursi lainnya berjarak sekitar satu meter.

Nah, di ruangan itulah mereka mengerjakan soal secara online. Dalam ruangan tersebut juga terdapat satu penjaga. Lagi-lagi, semua memakai masker. “Kami menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dalam satu ruangan, maksimal diisi 20 orang. Dengan begitu, tidak terjadi kerumunan,” kata kordinator bidang olimpiade MAN 3 Jombang M Bagus, Selasa (27/10/2020).

Bagus menjelaskan, pelaksanaan ujian KSMO di MAN Tiga dilaksanakan dalam tiga gelombang. Karena selain dari MAN 3, peserta juga berasal dari sekolah yang merupakan sub rayon. Pelaksananya, lanjut Bagus, adalah Kemenag Jawa Timur. Untuk di Jombang, ada 10 sekolah yang dijadikan lokasi ujian. Salah satunya adalah MAN Jombang.

“Ini adalah kompetisi sains madrasah tingkat Jawa Timur, sebagai persiapan kompetisi tingkat nasional yang digelar 9-10 November 2020. Di Jombang, jumlah pesertanya 851 pelajar tingkat aliyah. Mereka mengikuti ujian sembila mapel (mata pelajaran). Ada sains, keagamaan, dan bahasa,” ujar Bagus sembari mengatakan bahwa pengumuman juara ditentukan oleh Kemenag Provinsi Jatim. [suf]

Sebanyak 15 peserta KSMO sedang mengerjakan tugas secara online di salah satu ruangan MAN 3 Jombang, Selasa (27/10/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]




Apa Reaksi Anda?

Komentar