Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Komitmen UDD PMI Pamekasan Tingkatkan Stok Darah

Kepala UDD PMI Pamekasan, dr Achmad Syafirullah (depan) memberikan sambutan dalam giat Kopdar dan Silaturrahmi Koordinator Donor Darah di Azana Hotel, Selasa (28/6/2022). [Gambar: PMI Pamekasan]

Pamekasan (beritajatim.com) – Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Pamekasan, menggelar kopi darat dan silaturrahmi bersama Koordinator Donor Darah dalam rangka meningkatkan stok darah di unit setempat, Selasa (28/6/2022).

Kegiatan Kopdar dan Silaturrahim tersebut, digelar di Auditoium Azana Hotel Jl Jokotole Pamekasan, dihadiri jajaran pengurus UDD PMI Pamekasan, 60 Koordinator Donor Darah di Pamekasan, serta Kepala Bidang Sosial Donor Darah dan Pelayanan Kesehatan PMI Pamekasan, dr Syaifuddin.

“Sesuai tema yang kita usung, giat kopdar dan silaturrahmi ini digelar dalam rangka menuju donor darah berkesinambungan dan berkelanjutan,” kata Kepala UDD PMI Pamekasan, dr Achmad Syafirullah kepada beritajatim.com, Rabu (29/6/2022).

Selain itu, pihaknya menyampaikan giat tersebut juga dilakukan sebagai upaya untuk mengakomodir peningkatan stok darah di unit yang dipimpinnya. “Program donor darah berkesinambungan dan berkelanjutan ini sebagai upaya untuk bisa mengcover kebutuhan darah di Pamekasan,” ungkapnya.

“Terlebih selama ini kebutuhan stok darah di Pamekasan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya sejumlah fasilitas kesehatan yang melayani rawat inap, tentunya hal itu juga membutihkan tranfusi yang relatif banyak,” sambung dr Syafi, sapaan akrab dr Achmad Syafirullah.

Bahkan kegiatan tersebut juga mendapat perhatian serius dan respon positif dari para koordinator donor darah di Pamakasan. “Respon ini semakin memotivasi kami untuk meningkatkan kuantitas dan produksi darah, tentu saja dengan tidak mengabaikan kualitas darah yang dikumpulkan,” tegasnya.

“Namun juga sangat penting untuk kami sampaikan seputar biaya pengganti darah sebesar Rp 360 ribu sesuai SK (Surat Keputusan) Gubernur Jatim Nomor 41 Tahun 2014, termasuk juga pra syarat dan ketentuan donor darah,” imbuhnya.

Sementara Kepala Bidang Sosial Donor Darah dan Pelayanan Kesehatan PMI Pamekasan, dr Syaifuddin sangat berharap pihak UDD PMI Pamekasan, agar selalu dapat memanfaatkan berbagai peluang dan kesempatan melakukan aksi donor darah.

“Kami berharap UDD PMI Pamekasan, bisa memanfaatkan setiap peluang dan kesempatan untuk bisa meningkatkan jumlah pendonor berkualitas. Sehingga kebutuhan stok darah di Pamekasan, selalu terjaga dan aman dari kekurangan stok darah,” pungkasnya. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar