Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

KMI EXPO XII 2021, Banyak Pelajaran yang Didapat Unhasy Jombang

Kontingen dai Unhasy Tebuireng Jombang mengikuti acara penutupan KMI EXPO XII 2021

Jombang (beritajatim.com) – Banyak pelajaran yang didapat oleh kontingen dari Unhasy (Universitas Hasyim Asy’ari) Tebuireng Jombang setelah mengikuti Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atau KMI EXPO XII tahun 2021 di UB (Universitas Brawijaya) Malang pada 17-19 Nopember 2021.

KMI Expo XII 2021 itu menjadi edukasi bagi pembina kewirausahaan mahasiswa dan untuk menginspirasi pada event KMI Expo XIII 2022 berikutnya. “Keikutsertaan mahasiswa dalam KMI Expo XII 2021 dari Unhasy terbanyak dibandingkan tahun sebelumnya, online dan offline sebanyak 11 tim,” ujar Ketua Pusat Karir dan Kewirausahaan Unhasy (PKKU) Suhari, Minggu (21/11/2021).

Untuk itu, Suhari berterima kasih kepada semua tim dan mahasiswa peserta KMI Expo XII 2021 yang telah bekerja sejak 15 November hingga berakhirnya KMI Expo 19 Nopember 2021 pukul 22.00 WIB. “Kami menyampaikan terima kasih kepada semua tim dan mahasiswa peserta KMI Expo XII 2021,” lanjutnya.

Salah satu pembimbing KBMI (Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia) Lik Anah mengatakan, meskipun belum mendapatkan KMI award tahun ini, perkembangan bisnis mahasiswa tersebut sangat baik. Hal itu terihat dari terjalinnya relasi join pengembangan bisnis. Misalnya produk Kopi Tengger yang mendapatkan tawaran untuk menyuplai bahan baku kopi di salah satu kafe maupun distributor.

Pembimbing kewirausahaan kategori umum, Novia R menambahkan, pihaknya bersyukur Unhasy berkesempatan masuk bagian nominasi KMI Award 2021 sebanyak 3 tim. “Meski tahun ini belum berkesempatan mendapatkan juara KMI award, mahasiswa sudah memiliki ide-ide kreatif dan inovasi yang perlu dimentoring supaya usaha tetap berkelanjutan,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa Unhasy, Nur Tatik Lailatul W mengatakan, program KBMI sangat membantu mahasiswa yang mempunyai usaha agar bisa lebih mengembangkan lagi bisnisnya. Sehingga mampu bersaing di pasar domestik dan global.

Sementara itu, pemilik MUFAMA (Mulya Fashion Male) yang menjual berbagai macam fashion pria, seperti kaos, kemeja, celana jeans, celana pendek, dan lain-lain berpandangan, dengan KMI EXPO ini pihaknya berusaha untuk lebih mengembangkan dan memberikan inovasi dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat.

“Yakni dengan memberikan pelayanan terbaik dalam hal fashion pria dengan kualitas distro dan harga street (merakyat). KMI EXPO ini memberikan kami semangat untuk lebih meluaskan jangkauan pemasaran (marketing) produk MUFAMA. Sehingga tidak hanya menjual secara offline, tetapi menjangkau seluruh media sosial,” ujarnya.

Muhammad Adib, mahasiswa manajemen FE Unhasy Tebuireng dengan usahanya ‘Tengger Coffee’ mengungkapkan bahwa acara KMI EXPO XII 2021 sangat menarik. Selain itu, KBMI juga menjadi wadah khususnya bagi mahasiswa yang ingin meng-upgrade diri dengan cara berkompetisi dengan mahasiswa dari berbagai universitas se-Indonesia.

“Banyak sekali ilmu, interaksi, pengalaman dan kenangan baru yang kami dapat. Kompetisi KBMI semakin baik dalam segala aspek kedepannya, sehingga para mahasiswa akan menjadikan KBMI sebagai salah satu tolok ukur untuk sebuah kelayakan tingkat nasional dalam mewujudkan wirausahawan muda,” kata Adib.

Salah satu dewan Juri KMI Award 2021, Yon Sugiarto menyatakan, bahwa KMI EXPO XII 2021 ini salah satu upaya menumbuhkan karakter, minat, dan bakat mahasiswa dalam berwirausaha yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Juga untuk mendorong tumbuhnya calon pengusaha muda dari perguruan tinggi serta mendukung kebijakan kampus merdeka, merdeka belajar.

“Dengan KMI EXPO XII 2021 ini sebagai upaya menumbuhkan karakter, minat, dan bakat mahasiswa dalam berwirausaha yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendorong tumbuhnya calon-calon pengusaha muda dari perguruan tinggi dalam mendukung kebijakan kampus merdeka, merdeka belajar,” pungkasnya.

Penutupan KMI EXPO XII tahun 2021 bertempat di Hall Samantha Krida, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jumat (19/11/2021). Sejak pukul 18.00 WIB beberapa kontingen telah berkumpul di Hall Samantha Krida. KMI EXPO XII ditutup oleh Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR., MS.

“Keberadaan KMI EXPO XII 2021 ini tidak hanya sebagai ajang hasil inovasi dan kreativitas usaha manusia, tetapi lebih dari itu. Tadi pagi saya baca di koran, ada salah satu peserta yang dikontrak oleh negara asing untuk penyediaan dan kita akan mengekspor, ini sungguh sangat luar biasa,” kata Rektor UB.

“Itulah makna expo KMI pada hari ini, soal juara atau tidak juara itu adalah nomor dua. Jadi yang paling penting kita mempunyai jiwa wirausaha, sehingga nanti membuat iklim usaha menjadi bertambah bergairah, banyak muncul wirausaha-wirausaha muda. Sehingga negara Indonesia ke depan menjadi negara yang sangat disegani, terutama dengan inovasi dari anak-anakku yang sangat luar biasa,” tambahnya. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar