Pendidikan & Kesehatan

Kluster Pondok Pesantren di Banyuwangi Bertambah, Total 210 Positif Covid-19

Banyuwangi (beritajatim.com) – Jumlah pasien konfirmasi positif Covid 19 di Banyuwangi terus meningkat. Hingga hari ini, total jumlah itu mencapai 341 orang, 9 di antaranya meninggal. Sementara 84 di antaranya dinyatakan sembuh.

Miningkatnya jumlah pasien positif ini hampir mayoritas berasal dari kluster pondok pesantren. “Hari ini total dari santri pondok pesantren ada tambahan 100 orang, jadi total dari santri 210 orang positif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono, Jumat (28/8/2020).

Rio mengungkapkan, upaya penanganan Covid-19 di pesantren terus menjadi perhatian utama satgas. Sejak ada laporan pertama ditemukan santri yang bergejala, tim kesehatan terus melakukan penanganan. Penanganan dilakukan sinergis bersama Kementerian Kesehatan, Pemprov Jatim, Pemkab Banyuwangi, dan jajaran TNI serta kepolisian.

Kini, petugas masih secara masif melakukan perkembangan jumlah pasien. Tracing dan penanganan gencar terus dilakukan. Uji swab telah dilakukan ke lebih dari 700 santri. Ini dilakukan untuk memutus rantai penularan.

“Setiap hari kami lakukan tracing, pengambilan swab di lokasi pondok sudah kami lakukan tiga kali. Memang konsekuensinya berat, karena pasti akan ada penambahan kasus dalam skala besar. Namun, atas nama kesehatan, santri yang terpapar harus segera diketahui untuk menjamin serta menjaga kesehatan mereka. Doakan semoga semua segera pulih,” pungkas Rio. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar