Pendidikan & Kesehatan

Klaster Temboro Sumbang 1 Pasien Positif Covid-19 di Jombang

Foto: Ilustasi Virus Corona

Jombang (beritajatim.com) – Laju peningkatan jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Jombang tak bisa dibendung. Betapa tidak, pada Jumat (8/5/2020), jumlah pasien positif corona bertambah satu orang. Dengan begitu jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Santri menjadi 10 orang.

Penambahan pasien ke-10 ini berasal dari klaster Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah, Temboro, Magetan. “Seorang laki-laki berusia 16 tahun asal Kecamatan Tenmbelang dinyatakan positif Covid-19. Yang bersangkutan berasal dari klaster temboro,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno, Jumat (8/5/2020) malam.

Budi mengatakan, dari 10 pasien positif Covid-19 tersebut, satu orang dinyatakan sembuh. Kemudian empat pasien menjalani isolasi mandiri di rumah, termasuk yang berasal dari klaster Temboro. Isolasi mandiri lainnya meliputi dua pasien di Kecamatan Diwek dan satu orang dari Jombang Kota.

“Sedangkan pasien positif yang menjalani isolasi di RSUD Jombang sebanyak lima orang. Kemudian jumlah ODP (orang dalam pantauan) secara kumulatif sebanyak 608 orang. Dari jumlah itu, 565 ODP sudah selesai masa pemantauan 14 hari, 40 ODP masih dipantau dan 3 ODP meninggal,” ujar Budi.

Selanjutnya, jumlah PDP (pasien dalam pengawasan) sebanyak 8 orang. Rincianya, 3 PDP sedah selesau masa pemantauan 14 hari dan 5 PDP meninggal dunia. Lima PDP tersebut berasal dari dua orang dari kecamatan Peterongan, kemudian Kecamatan Ploso, Tembelang dan Mojowarno, yang masing-masing satu pasien. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar