Pendidikan & Kesehatan

Klaras Edukasi Ajak Warga Jaga Keuangan dan Kesehatan dengan 3M

Ketua Klaras Edukasi, Andi Hartik.

Malang (beritajatim.com) – Ketua Klaras Edukasi, Andi Hartik mengatakan, resesi mengancam Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III akan minus. Dengan begitu, kinerja ekonomi Indonesia akan terkontraksi sebanyak dua kali berturut-turut setelah pada kuartal II kinerja perekonomian Indonesia terkontraksi hingga minus 5,23 persen.

“Ancaman resesi ini tidak lepas dari kasus Covid-19 yang terus bertambah. Pandemi yang berjalan terus menerus sejak Bulan Maret lalu menghempas seluruh sektor kehidupan manusia, termasuk ekonomi,” kata Andi, Sabtu, (3/10/2020).

Andi mengatakan, ancaman resesi ini tidak lepas dari kasus Covid-19 yang terus bertambah. Pandemi yang berjalan terus menerus sejak Bulan Maret lalu menghempas seluruh sektor kehidupan manusia, termasuk ekonomi. Mereka mengajak masyarakat untuk melakukan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Oleh karena itu, supaya keuangan tidak terus menerus terganggu dan aktivitas perekonomian kembali berjalan, masyarakat harus disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Protokol kesehatan Covid-19 yang paling utama adalah disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau biasa disingkat dengan 3M,” papar Andi.

Andi mengatakan, berbagai penelitian tentang sebaran Covid-19 menunjukkan bahwa disiplin protokol kesehatan dengan 3M mampu meminimalisir penularan Covid-19. Sehingga, masyarakat bisa beraktivitas kembali dengan aman melalui disiplin 3M.

“Secara tidak langsung, disiplin 3M memelihara keuangan dan kesehatan sekaligus. Karena kita bisa beraktivitas menumbuhkan perekonomian tanpa risiko tertular Covid-19. Dengan disiplin 3M, kita melindungi diri kita sendiri dan orang lain di sekitar kita,” tutur Andi.

Supaya masyarakat disiplin dengan protokol kesehatan tersebut, dibutuhkan edukasi yang terus menerus. Jangan sampai mereka jenuh dengan pandemi yang berkepanjangan lalu abai dengan protokol kesehatan. “Kita tidak ingin ekonomi terus terpuruk, namun kita juga tidak ingin krisis kesehatan terus berlangsung. Maka, salah satu caranya adalah disiplin 3M,” tandas Andi. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar