Pendidikan & Kesehatan

KKN Unesa Beri Pelatihan E-Commerce pada UMKM Kelurahan Tinalan Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Sejumlah pemuda-pemudi Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri mendapatkan pelatihan pengembangan manajemen e-commerce serta fotografi produk oleh tim KKN Universitas Negeri Surabaya Kota Kediri Gelombang IV. Kegiatan yang berlangsung, Rabu (19/8/2020) tersebut bertujuan untuk memberikan kemampuan pengelolaan bisnis daring serta marketing yang nantinya akan dipersiapkan untuk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Tinalan.

Exson Boling, selaku ketua RW setempat yang turut hadir serta memberikan arahan kepada pemuda menyampaikan, bahwa bersiap untuk membimbing pemuda menerapkan ilmu pelatihan bersama mahasiswa KKN Unesa. Nantinya ilmu tersebut akan digunakan untuk memajukan UMKM di Kelurahan Tinalan yang selama ini masih berjalan secara offline saja. UMKM dan sektor kegiatan yang ada di Kelurahan Tinalan antara lain KRPL, ternak lele, bibit lele, ikan hias, pupuk kandang, dan berbagai olahan lele.

Pemuda menjadi sasaran utama dalam kegiatan ini sebagai wujud peningkatan produktivitas dan melengkapi sektor kegiatan UMKM yang selama ini mayoritas dilakukan oleh para orang tua saja. Pemuda juga diharapkan akan lebih kreatif dalam pelaksanaannya nanti serta memberikan kegiatan yang positif selama pandemi serta berkelanjutan. Para pemuda ini nantinya yang akan menjalankan kegiatan pemasaran UMKM di Tinalan secara kolektif.

Hadir sebagai pemateri pengelolaan e-commerce adalah Ria Lestari P, S.E., M.M yang merupakan dosen Universitas Kadiri dan Kevin Naufal Syah yang merupakan praktisi bisnis daring serta mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Dalam meterinya, keduanya menekankan peluang bisnis daring khususnya dalam masa pandemi ini.

Pelatihan fotografi produk mengundang antusiasme para pemuda yang ingin praktik langsung cara mendapatkan gambar yang bagus melalui alat sederhana. Dipandu secara langsung oleh Andika Eka yang merupakan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual Unesa dan Meita Dinar, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Unesa.

“E-commerce mempunyai peluang yang menjanjikan terutama di masa pandemi, namun perlu trik dan tips serta perlu adanya upaya untuk memancing minat pemuda untuk menekuninya. Sedangkan fotografi produk sendiri adalah kemampuan dasar yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pemasaran serta branding. Puncaknya adalah upaya untuk memajukan UMKM yang ada di sini,” ujar Listia Masruroh, selaku Ketua Pelaksana KKN Unesa Kota Kediri.

Kegiatan ini akan berlangsung secara berkelanjutan dengan didampingi langsung oleh mahasiswa serta perangkat kelurahan setempat. [nm].





Apa Reaksi Anda?

Komentar