Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

KKN Stunting Universitas Jember Tuai Sukses di Bangka Barat

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bangka Barat, Effendi

Jember (beritajatim.com) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertema stunting (gizi buruk) yang dilakukan melalui kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur menuai sukses di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Penurunan Stunting yang digelar selama dua hari secara daring, 23-24 Agustus 2021. Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat ini berlangsung pada 2019.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember menggelar KKN tematik penanganan stunting di Desa Peradong, Kecamatan Simpang Teritip. Prevalensi angka stunting di sana saat itu tertinggi di Kabupaten Bangka Barat.

“Alhamdulillah, adanya KKN tematik penanganan stunting di Desa Peradong membantu percepatan penanganan stunting di Bangka Barat. Apa yang diinisiasi oleh mahasiswa kemudian direplikasi di desa lain,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bangka Barat, Effendi, sebagaimana dilansir Humas Unej, Selasa (24/8/2021).

Mahasiswa mengajari warga Desa Peradong cara membuat makanan sehat dan makan pendamping air susu ibu dalam kegiatan masak bareng. “Ada program Ayah Hebat bagi pasangan subur, pembuatan midline atau alat ukur tinggi badan hingga karnaval sehat,” kata Effendi. Semua kegiatan itu, menurut Effendi, mendukung program Pemkab Bangka Barat yang menargetkan angka prevalensi stunting menjadi 8,75 persen pada 2022. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar