Pendidikan & Kesehatan

Ki Taka: Naskah Jawa Kuno Mengandung Makna Keislaman

Pamekasan (beritajatim.com) – Tiga narasumber berbeda menggembleng para santri putri dan alumni dengan materi Ngaji Sejarah dan Manuskrip yang digelar di halaman madrasah putri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Minggu (13/1/2019).

Ketiga pemateri tersebut masing-masing Ketua Kelompok Manuskrip Jawa, Ki Tarka, Pemerhati Sejarah Madura, Ilzamuddin, dan Penulis Buku Buju’ Raba, Abd Hamid. Ketiganya mengisi materi dengan tema ‘Pelestarian Manuskrip Kuno dalam Menjaga Otentitas Keilmuan’.

Dalam kesempatan tersebut, ketiga narasumber menyampaikan materi sesuai dengan keahlian masing-masing sesuai dengan pentunjuk tema dan bahasan yang sudah disiapkan panitia pelaksana.

Bahkan di sela-sela kegiatan Ngaji Sejarah dan Manuskrip, peserta juga diajak berinteraksi langsung oleh Ki Tarka, melalui sebuah tembang Jawa Kuno. Bahkan para peserta pun terlihat cukup menikmati sajian materi sekalipun dalam durasi waktu yang cukup panjang.

Tidak hanya itu, Ki Tarka juga memberikan sedikit wejangan mempuni seputar materi sejarah khususnya manuskrip. “Jika ada orang yang beranggapan bahwa membaca naskah Jawa Kuno adalah hal musyrik, itu salah besar,” kata Ki Tarka.

Hal itu bukan tanpa alasan mendasar, sebab dirinya dengan komunitasnya juga sudah beberapa kali menelaah berbagai jenis manuskrip, khususnya naskah Jawa Kuno. “Naskah Jawa Kuno sebenarnya banyak mengandung makna keislaman,” ungkapnya.

Dalam momentum tahunan bertaraf internasional tersebut, para santri, alumni hingga masyarakat bakal dimanjakan dengan suguhan materi berbeda dari berbagai bidang keilmuan. Terlebih para narasumber yang dihadirkan juga ahli di bidangnya.

Tidak hanya materi dari aspek pendidikan semata, tapi juga berbagai materi keahlian hingga profesi. Seperti Ngaji Pertanian, Ngaji Silat hingga Ngaji Fotografi. Kegiatan yang digelar sejak Kamis (10/1/2019) nantinya bakal berlangsung hingga sepekan kedepan, yakni Minggu (20/1/2019) mendatang. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar