Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ketua PWI Pamekasan Ajak Insan Pers Sajikan Informasi Edukatif

Ketua PWI Pamekasan, Abd Aziz (pegang mic) memberikan sambutan dalam Silaturrahmi Kapolres Pamekasan, AKBP Togib Triyanto bersama Wartawan Pamekasan, di Joglo Mapolres Pamekasan, Jl Stadion 81, Kamis (21/10/2021).

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, Abd Aziz mengajak insan pers agar menyajikan informasi edukatif sebagai upaya menumbuhkan mainsite melek media bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan silaturrahmi Kapolres Pamekasan, AKBP Togib Triyanto bersama Wartawan Pamekasan, di Joglo Polres Pamekasan, Jl Stadion 81, Kamis (21/10/2021).

“Selama ini seringkali kita diharapkan dengan beragam konten informasi yang kurang mendidik, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi kita bersama untuk menyajikan informasi edukatif bagi masyarakat,” kata Abd Aziz.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan jika tugas seorang jurnalis harus senantiasa berpatokan dan berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik. “Seperti diketahui bersama, kita bertugas dilindungi undang-undang, sehingga sudah seharusnya kita melaksanakan tugas sesuai undang-undang,” ungkapnya.

“Implementasi dari undang-undang tentang pers itu, secara prinsip tertuang dalam kode etik jurnalistik. Sehingga saat bertugas, kita harus selalu mengedepankan poin ini demi memberikan informasi mendidik bagi masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, era disrupsi seperti saat ini tugas media maenstream terbilang berat seiirng dengan berkembangnya informasi dan teknologi, salah satunya media sosial (medsos). “Tidak jarang informasi medsos lebih cepat dari apa yang kita bayangkan, tapi tugas kita semestinya meluruskan tentang informasi,” jelasnya.

“Perkembangan teknologi di era seperti saat ini merupakan sebuah keniscayaan, di mana kita sebagai insan pers harus benar-benar mampu mengimbangi beragam informasi yang berkembang, sekaligus memberikan pencerahan kepada masyarakat secara umum,” tegasnya.

Dari itu pihaknya berharap seluruh insan pers agar selalu menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, sekaligus selalu komitmen menyampaikan informasi edukatif bagi masyarakat. “Mari kita bersama mengantisipasi dan mencegah hoaks, salah satunya dengan selalu menyajikan informasi mendidik bagi masyarakat,” pungkasnya. [pin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar