Pendidikan & Kesehatan

Ketua DPD RI La Nyala Mattaliti Kunjungi IAI Syarifuddin Lumajang

Lumajang (beritajatim.com) – Ketua DPD RI, AA La Nyala Mahmud Mattaliti berkunjung ke Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin Lumajang untuk menghadiri Seminar Peran Pesantren Dalam Kemajuan Indonesia, Kamis (18/2/2021). “Tidak perlu diragukan lagi peran Pesantren bagi bangsa Indonesia,” ujar La Nyala dalam membuka Seminar.

Masih kata dia, sangat banyak peran pesantren dalam kelahiran negara Indonesia. Untuk perjuangan, kemerdekaan, ideologi dan pengamalannya. “Pesantren tidak hidup dari santunan penjajah, tapi mandiri dari bercocok tanam dan santri,” jelasnya.

Pondok Pesantren menjadi prototype institusi masyarakat Madani. Menjaga kearifian lokal, pendidikan dan kebutuhan masyarakat sekitar. “Sangat banyak sekali perannya,” paparnya.

Rektor IAI Syarifuddin, KH. Satuyar Mufidz mengaku sangat senang dengan kedatangan dan kepedulian ketua DPD RI ke kampus berbasis pesantren. Karena, kampusnya terus berkhidmat terhadap Pancasila sebagai ideologi. “Pancasila bagi kami harga mati,” ujarnya. (har/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar