Pendidikan & Kesehatan

Kerjasama BPJS Kesehatan Banyuwangi dan RSUD Genteng Terancam Putus

Banyuwangi (beritajatim.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Banyuwangi telah memberikan peringatan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Genteng untuk segera memperbarui status akreditasinya. Pasalnya, masa berlaku akreditasi rumah sakit plat merah itu akan berakhir 31 Mei 2019 mendatang.

Kondisi ini akan berakibat fatal pada jalinan kerjasama antara keduanya. Pasalnya, jika dalam batas waktu yang ditentukan, akreditasi belum juga selesai maka pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Genteng terputus.

“Kami sudah berkali-kali mengingatkan rumah sakit untuk mengurus akreditasi. Paling lambat, pemerintah memberikan waktu paling lambat 30 Juni 2019 harus terakreditasi,” kata Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan, Dwi Trisnawati Zainal, Kamis (2/5/2019).

Menurut Dwi, akreditasi menjadi salah satu syarat wajb untuk memastikan peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Akreditasi merupakan bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga negara agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermutu oleh fasilitas pelayanan kesehatan Akreditas in
tidak hanya melindungi masyarakat, juga melindungi tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit itu sendiri,” terangnya.

Khusus di wilayah kerja Kantor Cabang BPJS Kesehatan Banyuwangi ada 3 rumah sakit yang akan habis masa berlaku akreditasinya. Di antaranya, RSUD Genteng, RSU Al Rohmah dan RSU Bhakti Mulia.

“RSUD Genteng akreditasi jenis Paripurna ini tertinggi akan habis masa berlakunya pada 31 Mei 2019, sedangkan RSU Bhakti Mulia jenis akreditasi utama akan berakhir 28 November 2019 dan Al Rohmah jenis sertifikat akreditasi perdana akan berakhir masa berlakunya pada 13 Desember 2019,” pungkasnya. [rin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar