Pendidikan & Kesehatan

Kerja di Gresik, Warga Kabupaten Mojokerto Positif Covid-19

uru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto.[Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto kembali mencatat adanya tambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Update per 29 Mei 2020, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mojokerto bertambah satu orang, yakni karyawan grup perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen di Gresik.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto mengatakan, hasil swab pasien positif 32 Kabupaten Mojokerto tersebut keluar pada Jumat hari ini. “Hasil swab dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 sehingga jumlah pasien positif di Kabupaten Mojokerto berjumlah 32 orang,” ungkapnya.

Pasien positif 32 tersebut merupakan seorang laki-laki berinisial E, usia 50 tahun. Pegawai grup perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen di Gresik ini merupakan warga Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Awalnya pasien positif 32 sakit dan diperiksa di salah satu Rumah Sakit (RS) swasta di Kota Mojokerto.

“Pasien positif 32 awal mulanya sempat sakit pada tanggal 10 Mei 2020 lalu dan sempat menjalani pemeriksaan di salah satu RS swasta di Kota Mojokerto pada tanggal 16 Mei 2020 lalu. Saat menjalani pemeriksaan, pasien positif 32 juga dilakukan rapid test tapi hasilnya non reaktif,” katanya.

Pada tanggal 20 Mei 2020, lanjut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto ini, pasien positif 32 masuk RS karena mengalami sesak nafas. Sehingga pasien ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto.

“Pada tanggal 21 Mei 2020 lalu, pasien positif 32 menjalani uji swab. Namun karena kondisinya membaik, tanggal 23 Mei 2029 diperbolehkan pulang dengan syarat harus menjalani isolasi mandiri. Sementara hasil uji swab baru keluar hari ini, hasilnya pasien dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19,” jelasnya.

Hasil Rapid Test Covid-19, Ilustrasi

Sehingga pasien menjadi pasien positif 32 Kabupaten Mojokerto. Ardi menambahkan, saat ini pasien positif 32 menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Hingga kini RSUD Prof Dr Soekardar Kecamatan Mojosari melakukan rapid tes dan uji swab terhadap ratusan orang.

“Hingga saat, RSUD Prof Dr Soekandar telah melakukan rapid test terhadap 975 orang. Dari jumlah itu, 110 orang hasilnya reaktif dan 865 orang non reaktif. RSUD Prof Dr Soekandar juga melakukan pengambilan sample untuk Polymerase Chain Reaction (PCR) atau uji swab terhadap 199 orang. Hasilnya 21 positif, 149 negatif dan 29 pasien masih menunggu hasil,” pungkasnya.

Dengan terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga jumlah total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mojokerto menjadi 32 orang. Dengan rincian sebanyak 29 pasien dalam perawatan, dua orang dinyatakan sembuh yakni Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto dan perempuan asal Kecamatan Kemlagi serta satu orang meninggal dunia. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar