Pendidikan & Kesehatan

Kepala BNPB Cek RS Lapangan, Pastikan 2 Pekan Rampung

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melihat langsung proses pembangunan Rumah Sakit Darurat Lapangan Politeknik Kesehatan Malang.

Malang (beritajatim.com) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melihat langsung proses pembangunan Rumah Sakit Darurat Lapangan Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma), Kamis (3/12/2020). Dia menargetkan, 2 pekan pembangunan RS Lapangan harus rampung.

“Mudah-mudahan saja dua Minggu kedepan bisa menyelesaikan pekerjaan itu untuk penyelesaian fasilitas yang ada di setiap ruangan,” ujar Doni.

Doni mengatakan, tempat dan fasilitas di RS Lapangan Malang lebih baik dan terdepan dibandingkan RS Lapangan di daerah lain dalam penanganan COVID-19. Di RS Lapangan Malang akan ada 306 kasur termasuk 10 kasur perawatan ICU.

“Kami sudah mendapatkan penjelasan dari tim Poltekes untuk memanfaatkan rumah sakit lapangan. Dan saya nilai kondisi rumah sakit lapangan ini termasuk yang terdepan akan lebih baik dari rumah sakit lapangan yang ada di beberapa daerah. Sesuai harapan ada 306 tempat tidur untuk pasien Covid-19 mulai ringan dan 10 kasur perawatan ICU,” papar Doni.

Doni menyebut, BNPB akan memberikan bantuan kepada daerah yang membutuhkan penanganan Covid-19, hal itu sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo. BNPB berharap penambahan RS Lapangan mampu mengurangi beban rumah sakit di Malang Raya.

“Kiranya ini berbeda dengan apa yang selama ini diberikan dukungan melalui pemerintah provinsi untuk rumah sakit lapangan Indrapura (Surabaya) yang telah memiliki ruangan 356 kasur. Dan di Malang 306 kasur. Dengan harapan mudah-mudahan penambahan ruang perawatan di Poltekes bisa membantu beban rumah sakit di Malang Raya,” tandas Doni. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar