Pendidikan & Kesehatan

Kemensos Stop Santunan untuk Keluarga Korban Covid 19

Sebaran Peta Covid-19 di Bangkalan

Bangkalan (beritajatim.com) – Keluarga korban Covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Bangkalan tidak akan menerima santunan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementrian Sosial (Kemensos) nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021. Dalam SE itu disebutkan bahwa Kemensos tidak lagi menganggarkan santunan untuk keluarga korban Covid-19 tahun 2021.

Kepala Dinas Sosial Bangkalan, Wibagio mengatakan, tahun 2020 lalu pihaknya telah mengajukan data korban Covid-19 sebanyak 46 orang. Namun hanya 3 orang yang mendapat santunan.

“Nah tahun ini, sudah kami ajukan 20 orang. Jadi total semuanya 66 orang, namun ya baru tiga saja yang menerima, itupun di tahun lalu,” ungkapnya, Senin (1/3/2021).

Meski telah menerima surat tersebut, pihaknya akan terus mengupayakan seluruh data yang diajukan untuk mendapatkan santunan. Ia mengaku akan berkonsultasi dengan Provinsi dan Kemensos.

“Kami tetap mengupayakan, minimal untuk data yang sudah diajukan,” ujarnya.

Selain itu, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan petunjuk untuk pemberian santuan secara sukarela dari Pemerintah Kabupaten untuk korban Covid-19.

“Kami masih menunggu petunjuk dari Pemkab, namun hingga kini masih belum,” imbuhnya.

Diketahui, Kemensos sebelumnya memberikan santunan sebesar Rp 15 juta untuk masing-masing korban Covid-19 yang meninggal. Dana tersebut diberikan langsung kepada rekening ahli waris. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar