Pendidikan & Kesehatan

Kembangkan Softskill Melalui Praktikum Entrepreneur

Mahasiswa Semester 6 Prodi Ekonomi Syariah (ESY) IAI Al-Khairat Pamekasan, melaksanakan praktikum entrepreneur di lingkungan kampus.

Pamekasan (beritajatim.com) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY) Instiut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, melaksanakan praktik wirausaha dalam rangka praktik mata kuliah Entrepreneur yang diampu Qaiyim Asy’ari.

“Wirausaha merupakan softskill yang sangat penting bagi kehidupan, pasalnya berwirausaha tidak memiliki batasan umur dan dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk mahasiswa,” kata Dosen Pengampu Mata Kuliah Entrepreneur, Qaiyim Asy’ari, Selasa (9/3/2021).

Praktikum entrepreneur yang dilaksanakan sebagai bagian dari mata kuliah yang diampunya, khususnya di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) di Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

“Praktik ini merupakan bagian implementasi dari banyak disiplin ilmu, di antaranya mata kuliah manajemen pemasaran, manajemen strategi, pengantar bisnis, pengantar manajemen, kepemimpinan dan lainnya. Sebab semuanya dapat dipraktikkan melalui program praktik entrepreneur,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya menyampaikan pentingnya praktik lapangan bagi mahasiswa pada mata kuliah yang diampunya. Beberapa di antaranya merupakan upaya memotivasi peserta didik untuk selalu berupaya mempraktikkan beragam teori selama berada di bangku kuliah.

“Tujuan dari praktikum ini di antaranya membangun kesadaran mahasiswa tentang wirausaha, menumbuhkan semangat mahasiswa untuk berwirausaha, sarana untuk mewadahi mahasiswa dalam berwirausaha, serta membangun mitra usaha dan memperluas jaringan mahasiswa dalam berwirausaha,” jelasnya.

Program tersebut juga diharapkan dapat menjadi pengalaman sekaligus menambah wawasan mahasiswa tentang keterampilan dasar berwirausaha. “Dengan ini kita berupaya mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam berwirausaha, sehingga mereka nantinya dapat membangun dan mengembangkan usaha saat lulus kelak,” harapnya.

Baca Juga:

    “Tidak hanya itu, kedepan kami juga memiliki upaya untuk mengembangkan program mata kuliah ini melalui program Pasar Intelektual, di mana nantinya kami fasilitasi mahasiswa untuk membuka dan membuka lapak usaha mereka pada program yang mulai kita agendakan,” tegas dosen yang juga tercatat sebagai Ketua HIPMI Pamekasan.

    Sementara Kapala Prodi ESY, Aang Kunaifi menyampaikan terima kasih kepada dosen pengampu yang membimbing mahasiswa untuk selalu percaya diri mengembangkan bakat dan minat wirausaha. “Kita harus merasa bangga dengan nilai-nilai entrepreneur yang diajarkan kepada mahasiswa, karena dari pemahaman nilai dapat mendorong dan menguatkan jiwa entrepreneur yang sebenarnya,” ungkapnya.

    “Saat ini kita memang sangat perlu menyiapkan mahasiswa untuk menyongsong masa depan yang cemerlang melalui program entrepreneur. Tidak kalah penting dan perlu diingat, bahwa hampir semua kampus di dunia sudah menyelenggarakan entrepreneurship,” pungkasnya. [pin/but]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar

    beritajatim TV

    Kiat Menulis Artikel Kesehatan Populer

    Resep Nasi Aladin Khas Timur Tengah

    Resep Sup Kikil, Gurih dan Empuk