Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Kembangkan Dakwah Agama Melalui Media Berbeda, Filmuda Gelar Festival Film Pelajar Muhammadiyah

Surabaya (beritajatim.com) – Filmuda SMK Muhammadiyah 2 Surabaya menggelar “Festival Film Pelajar Muhammadiyah”. Acara ini akan dibuka pendaftarannya mulai 7 Maret hingga 30 Juni 2022, dengan target seluruh siswa-siswi baik dari SMP, SMA dan SMK di seluruh Indonesia.

Ketua pelaksana acara, Adek Dharma Santoso mengatakan, festival film ini digelar sebagai bentuk syiar agama melalui perkembangan di era konvergensi media. Terutama cinematografi saat ini sangat digemari oleh kaum milenial.

“Kita lihat perkembangan konvergensi media sangatlah pesat, kita menangkap peluang syiar agama perlu dikembangkan, seperti lewat sebuah karya film akan lebih menarik untuk kita kader Muhammadiyah melakukan dakwah kebaikan,” kata Adek sapaan akrabnya.

Sementara itu, untuk tema yang diambil dalam acara ini tak dibatasi. Sebab menurut Adek kebebasan berekspresi setiap daerah berbeda, terutama para pelajar pasti memiliki tema yang lebih beragam.

“Kita panitia tidak membatasi tema, supaya mereka bisa mengekplore ide ide mereka, asal semua berkaitan dengan hal positif, dan layak untuk dilombakan,” tambah Adek.

Selain itu, mengani aspek teknis penjurian dilihat dari kekuatan cerita, sudut angle kamera dan pesan yang disampaikan. Serta dalam acara ini akan diambil adalah juara 1, 2, 3, sutradara terbaik, penulis skenario terbaik, cameraman terbaik, panata suara terbaik, art director terbaik, editor terbaik dan pemeran utama terbaik.

“Nah untuk juri utama sendiri adalah Novin Wibowo, beliau salah satu meraih juara 3 Acffest KPK 2021. Beliau juga praktisi Film dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang,” lanjut dia.

Adek juga menjelaskan, acara Festival Film ini merupakan hasil dari kolaborasi antara siswa dan alumni Filmuda Filmuda SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Sehingga mereka yang aktif di bangku sekolah akan banyak belajar pengalaman dari alumni.

“Kolaborasi ini sengaja kami lakukan supaya banyak pengalaman yang bisa diambil dari alumni terbaik Filmuda Surabaya untuk para siswa yang masih aktif di kelas, seperti kelas 10 dan 11,” imbuh dia.

Adek berharap acara ini bisa menjadi ajang bagi pelajar untuk berekspresi. Terutama di era konvergensi media. Serta mampu mengembangkan bakat cinematografi mereka untuk bersaing dengan sineas film dari seluruh Indonesia. [kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar