Pendidikan & Kesehatan

Kembangkan Daerah, Kabupaten OKU Jalin Kerja Sama dengan UNAIR

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Airlangga (UNAIR) dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menjalin kesepakatan bersama, dalam hal ini terkait kerja sama penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, dan sumber daya alam.

Bentuk Kesepakatan itu tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding pada Kamis (25/04/2019) di Ruang Sidang Pleno, Kantor Manajemen Lt.3 UNAIR.

Hadir dalam pertemuan sekaligus penendatanganan itu Wakil Rektor IV Universitas Airlangga Junaidi Khotib S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt., dan jajaran pimpinan bersama dengan A.M. Hanafi, SE., MM selaku Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten OKU, bersama jajaran pimpinan.

Dalam sambutannya, Junaidi menerima dengan sangat terbuka seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten OKU terkait kesepakatan kerjasama tersebut. Tidak berhenti di situ, ia berharap ke depan tugas ini dapat berjalan sekaligus diikuti dengan bentuk kerja sama yang lain.

“Kita harapkan, MoU ini nanti akan diikuti dengan berbagai macam kerja sama yang dapat kita implemetasikan secara bersama-sama,” ujarnya.

Junaidi juga menjelaskan bahwa perguruan tinggi mempunyai peran penting selain dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian, yaitu menjadi bagian dari masyarakat. Menurutnya, dengan adanya kerja sama yang dijalin ini, memberikan keuntungan bersama sehingga dinamika positif dapat meningkat dari tahun ke tahun.

“Sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab kami, untuk saling bahu-membahu mengembangkan sistem pemerintahan baik di pusat atau daerah. Apalagi potensi dan sumber daya yang dimiliki kabupaten OKU ini sangat cocok dengan pengembangan keilmuan yang ada di UNAIR.” ungkapnya.

Berikutnya adalah cara strategis yang ingin diterapkan perguruan tinggi. Menurutnya, perguruan tinggi tidak hanya menjadi tempat pembelajaran dan penelitian saja, akan tetapi harus berdampak pada ekonomi, kemajuan, dan kesejahteraan untuk masyarakat.

“Pada 3 tahun terakhir ini, PTNBH mengubah strategi yang lama. Dengan cara memberikan banyak manfaat pada masyarakat dan dari sisi ekonomi kami juga punya dampak bagi pemerintah. Oleh sebab itu, UNAIR selain bekerja sama dengan berbagai pihak, juga berupaya membangun korporasi yang mampu mempunyai dukungan dari pemerintah,” katanya.

Di awal pertemuan, Hanafi sebagi perwakilkan Bupati Kabupaten OKU mengenalkan satu persatu jajaran Pemda. Ia juga membacakan sambutan dari Bupati yang tidak dapat hadir saat pertemuan. Dari sambutan itu, Pemerintah Kabupaten OKU sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih atas berkenannya UNAIR menjadi mitra kerja sama.(adg/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar