Pendidikan & Kesehatan

Kematian Tinggi, Ponorogo Masih Laksanakan PPKM Level 4

Bupati Sugiri Sancoko. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) –  Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperpanjang lagi hingga tanggal 13 September 2021. Kabupaten Ponorogo tidak berubah level, statusnya masih melaksanakan PPKM level 4. Pemberlakuan PPKM level 4 ini sudah ketiga sejak perpanjangan dilakukan setiap seminggu sekali.

Alhasil, Ponorogo dalam waktu dekat ini belum bisa menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah-sekolah. Meski sudah mulai banyak siswa tingkat SMP dan SMA yang menjalani vaksinasi.

Masih tetapnya Ponorogo pada level 4 PPKM, disinyalir karena tingginya kasus kematian pasien Covid-19. Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati Sugiri Sancoko, bahwa  belum turunnya level PPKM di bumi reyog disebabkan salah satunya kematian pasien yang lebih dari 5 orang disetiap harinya.

“Kematian di Ponorogo masih tinggi karena Covid-19, dalam sehari bisa 6 orang. Sehingga PPKM kita masih di level 4,” kata Bupati Sugiri Sancoko, Rabu (8/9/2021).

Di Provinsi Jawa Timur, kabupaten atau kota yang menyandang PPKM level 4 hanya ada 2 tempat. Keduanya berada di daerah Mataraman, yakni Kabupaten  Ponorogo dan Kabupaten Magetan.  Kang Giri panggilan akrab Sugiri Sancoko menuturkan untuk turun level 2 atau 3, setidaknya kematian pasien Covid-19 bisa ditekan, dibawah 5 orang dalam seharinya.

“Untuk turun ke level 2 atau maksimal 3 kita harus menekan angka kematian Covid-19 dibawah 5 per harinya,” katanya.

Untuk menurunkan level PPKM tersebut, Sugiri sudah mengumpulkan seluruh direktur rumah sakit rujukan untuk melakukan koordinasi. Mereka diminta untuk membuat langkah antisipasi supaya ada penurunan kasus kematian.

“Memang kematian itu takdir Tuhan. Namun kita bisa mengurangi penyebab kematian tersebut,” katanya.

Dari hasil rapat evaluasi PPKM dengan Pemerintah Pusat pada Selasa (7/9) malam,  Presiden menginstruksikan lewat menteri Luhut Binsar Panjaitan, Ponorogo ditarget selama 2 minggu ke depan ini sudah turun level PPKM-nya.

“Semoga seminggu ke depan kita bisa turun di level 3 ataupun 2,” pungkasnya. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar