Pendidikan & Kesehatan

Keluarga Pasien Covid RS Bina Sehat Temui Pimpinan DPRD Jember

Jember (beritajatim.com) – Keluarga Rosidi, almarhum pasien Rumah Sakit Bina Sehat, menemui pimpinan DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (10/8/2020).

Mereka melaporkan kronologi perlakuan yang diterima Rosidi di Bina Sehat. Ahmad Said Hidayat, anak Rosidi, ditemui Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Wakil Ketua DPRD Ahmad Halim, dan Wakil Ketua DPRD Agus Sofyan.

Said heran dengan status positif Covid 19 yang dikeluarkan rumah sakit tersebut. Sang ayah meninggal pada 2 Agustus 2020 dengan status terduga Covid. Dia dimakamkan dengan protokol Covid namun hasil swab belum terbit.

Said sempat mendatangi Bina Sehat untuk mempertanyakan hasil swab itu. Hasil swab baru keluar pada 6 Agustus: Rosidi positif Covid.

Keluarga tidak percaya begitu saja karena menganggap ada kejanggalan dalam surat itu. “Tes swab ini jalur tol. Tanggal 6 dikirim, tanggal ditangani dan keluar,” kata Said. Padahal sebelumnya sempat ada pernyataan dari RS Bina Sehat yang tak bisa memastikan jadwal terbitnya hasil swab karena harus antre.

Said curiga tes swab baru ditangani cepat setelah diprotes keluarga. Dokumen hasil swab tes tersebut juga tidak ditandatangani dokter, tanpa nomor registrasi, dan tak berstempel.

Selain itu, Said tak melihat ada ikhtiar pelacakan (tracing) dan karantina oleh pemerintan terhadap keluarga dan lingkungan sekitar. Alhasil acara doa tahlil pun dihadiri banyak warga Jalan Gajah Mada Gang 19, rumah Rosidi.

Said meminta agar DPRD Jember ikut menangani persoalan tersebut. Itqon Syauqi pun siap membantu dan akan meminta Komisi D agar segera menggelar rapat dengar pendapat dengan semua pihak terkait. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar