Pendidikan & Kesehatan

Keluarga Alumni Unej Berkonsentrasi Bantu Percepatan Vaksinasi

Jember (beritajatim.com) – Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) melaksanakan vaksinasi AstraZaneca masal di kampus Universitas Jember, 31 Juli dan 1 Agustus 2021. Vaksinasi ini menyasar lima ribu orang warga.

Ada lima pos layanan yang disediakan, dua di antaranya di Gedung Soetardjo dan tiga pos lainnya di Auditorium Unej. Total ada 20 bilik vaksinasi yang tersedia dengan didukung 245 orang tenaga kesehatan dan relawan.

Ketua Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 (TTDKBC) Universitas Jember Ulfa Elfiah mengatakan, untuk satu bilik vaksinasi disiapkan minimal 20 petugas, mulai dari petugas pendaftaran, screening, vaksinator hingga petugas yang mencetak kartu vaksinasi. Perkiraan dalam waktu satu jam 87 peserta bisa terlayani. “Kami berusaha all out mengerahkan semua sumber daya manusia yang kami miliki,” katanya, Sabtu (31/7/2021).

Para petugas berasal dari tenaga kesehatan di Unej Medical Center serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut, dosen di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan, alumnus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan, dokter muda yang tengah koas, anggota TTDKBC hingga mahasiswa.

Para peserta melakukan registrasi daring terlebih dulu dan telah terdata di beberapa fasilitas layanan kesehatan yang dimiliki Unej, yakni Unej Medical Center dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Namun, peserta dibatasi untuk yang berusia 18 tahun ke atas.

Febriyan Saleh, salah satu peserta, mengetahui informasi vaksinasi gratis ini dari Instagram. “Saya langsung daftar sekaligus menyebarluaskan ke kawan-kawan lain. Saya sudah dua kali daftar ikut vaksinasi ke sebuah rumah sakit dan instansi pemerintah tapi belum dapat panggilan. Justru ikut di Kauje langsung dapat vaksin,” katanya.

Ketua Kauje Sarmuji mengatakan, ada tujuh ribu orang pendaftar daring. Bahkan pada saat Hari-H , ada warga yang langsung datang ke kampus untuk mendaftar. Namun persediaan vaksin terbatas. “Insyaallah kami di Kauje akan menggelar acara serupa, tentu dengan memperhatikan ketersediaan vaksin,” katanya.

Rendra Wirawan, anggota Kauje lainnya, mengatakan, vaksinasi tersebut adalah komitmen Kauje kepada masyarakat Jember. “Ke depan cukup memungkinkan akan diadakan. Kami upayakan dua minggu mendatang kami adakan lagi. Untuk saat ini, kami berkonsentrasi vaksinasi dulu,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar