Pendidikan & Kesehatan

Kedokteran dan Manajemen Bisnis Unair Masuk Peringkat Dunia

Surabaya (beritajatim.com) – Upaya Universitas Airlangga (Unair) menjadi bagian besar 500 kampus kelas dunia semakin dekat. Kali ini, dua bidang ilmu di lingkungan Unair masuk dalam jajaran top dunia versi QS WUR by Subject 2020.

Mengenai hal itu, Ketua Badan Pengembangan Perencanaan (BPP) Unair Prof. Badri Munir Sukoco Ph.D., menyatakan bahwa capaian Unair tersebut menjadi sebuah prestasi dari proses panjang yang telah dilakukan oleh seluruh civitas akademika Unair. Tercatat dua bidang ilmu yang masuk jajaran top QS WUR by Subject 2020 adalah Kedokteran dan Manajemen Bisnis. “Bidang Manajemen Bisnis Unair masuk dalam #451-500 dunia dan Bidang Kedokteran masuk dalam posisi #551-600,” tandas Prof. Badri.

Guru Besar FEB Unair itu juga menjelaskan, posisi tersebut sangatlah membanggkan. Pasalnya, di dunia ada lebih dari 38 ribu perguruan tinggi yang memiliki bidang ilmu manajamen bisnis. Sedangkan dalam bidang kedokteran, tandasnya, tentu lebih banyak lagi. “Untuk itu, posisi dua bidang ilmu yang berada dalam 500 besar dunia merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan,” ujarnya.

Tercatat, sambung Prof. Badri, di Indonesia posisi kedua bidang ilmu tersebut masuk dalam posisi tiga terbaik nasional. Bidang Kedokteran berada di bawah UI dan UGM, sedang Bidang Manajemen Bisnis berada setelah UGM dan ITB. “Ini yang patut kita syukuri karena pada tahun-tahun sebelumnya belum ada bidang yang masuk dalam posisi 500 dunia,” ujarnya.

Selanjutnya, Prof. Badri juga berharap bahwa ke depan akan lebih banyak lagi bidang ilmu di lingkungan Unair yang bisa menembus posisi 500 dunia. Menurutnya, hal itu menjadi salah satu langkah untuk menunjukkan kualitas dan rekognisi bidang ilmu yang ada kepada dunia. “Tahun depan tentu akan ditingkatkan bidang-bidang yang lain. Karena ini menjadi modal besar Unair untuk menunjukkan kepada dunia,” pungkasnya. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar