Pendidikan & Kesehatan

Kecamatan Trucuk Masuk Wilayah ODF

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro melakukan verifikasi data dan telusur lapangan di beberapa kecamatan untuk menyatakan daerah tersebut sudah sesuai dengan Open Defecation Free (ODF).

Salah satunya dilakukan di Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Setelah dilakukan verifikasi, petugas menyatakan Kecamatan Trucuk masuk dalam kategori salah satu daerah ODF. “Setelah diverifikasi, Desa Kanten Kecamatan Trucuk sebagai Desa ODF,” kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, dr Lucky Imroah, Rabu (29/7/2020).

Dengan ditetapkannya sebagai daerah yang sudah ODF, diharapkan pemerintah desa dan kecamatan memenuhi pilar-pilar STBM lain yang harus diupayakan bersama demi meningkatnya derajat kesehatan masyarakat.

Sementara itu Camat Trucuk Heru Sugiharto mengungkapkan, dengan ditetapkannya Desa Kanten sebagai daerah ODF, diharapkan masyarakat menjaga pola hidup sehat termasuk perilaku buang air besar ditempatnya. “Sudah ada perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat, ini yang perlu dipertahankan,” terangnya. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar