Pendidikan & Kesehatan

Kaum Perempuan Didorong Jadi Penopang Ekonomi Keluarga

Surabaya (beritajatim.com) – Faktor ekonomi menjadi hal yang penting dalam menjalani kehidupan berkeluarga. Dengan memiliki ekonomi yang kuat dalam keluarga, dapat menciptakan suasana keluarga yang harmonis dan dapat pula bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Itulah garis besar yang disampaikan Dr. Nisful Laila, SE saat memberikan materi diĀ  acara talkshow Ngaji Ekonomi yang digelar oleh Ikatan Pengusaha Aisyiyah (IKPAS) Jatim di Aula Mas Mansyur Gedung Muhammadiyah Jalan Kertomenanggal IV/ 1 Surabaya, Kamis (7/3/2019). Melalui materi berjudul ‘Ketahanan Keuangan keluarga’ ia mengajak perempuan agar dapat lebih berperan dalam memperbaiki ekonomi keluarga.

“Ibu rumah tangga itu kan soko gurunya bangsa, jadi dia harus bisa mengatur keuangan keluarga agar sehat. Nah kalau keuangan keluarga itu sehat, maka kehidupan akan bahagia, yang lebih luas lagi secara komunitas juga menjadi lebih baik,” jelasnya.

Ketua IKPAS Jatim, Neffi Nudholifati menjelaskan, acara yang baru pertama kali digelar oleh IKPAS Jatim ini untuk memberikan penguatan jaringan pengusaha Aisyiyah se-Jatim guna menambah ilmu dalam berwirausaha secara halal.

“Dengan ngaji ekonomi ini, bisa nanti ditindaklanjuti untuk implementasi pengusaha-pengusaha hingga nanti ke daerah, ke cabang, hingga ke rantingnya,” jelasnya.

Sekitar 500 orang pengusaha Aisyiyah se-Jatim turut hadir dalam acara ini dengan dibekali materi dari dua pembicara. Pemateri pertama yakni pakar ekonomi dari MEK PWM Jatim Dr. Leo Herlambang. Leo memberikan materiĀ  ‘Membangun Potensi Kekuatan Ekonomi Berjamaah’ dan dosen jurusan Ekonomi Syariah Unair, Dr. Nisful Laila, SE yang menyampaikan materi ‘Ketahana Keuangan Keluarga’.

Perempuan yang juga merupakan Dosen Ekonomi Syariah Unair ini juga menyampaikan, jika organisasi perempuan seperti Aisyiyah mampu mengelola kekuatan ekonomi yang bersumber dari perempuan, maka perempuan akan mampu menjadi kekuatan ekonomi baru yang sangat erkontribusi bagi kemakmuran bangsa. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar