Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Kasus TBC di Sampang Masih Tinggi

Sampang (beritajatim.com) – Angka kasus Tuberculosis (TBC) di Kabupaten Sampang, masih tinggi. Oleh sebab itu warga diharapkan tetap waspada dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pasalnya, penyakit ini dinilai berbahaya karena bisa bercampur dengan Covid, sehingga menyebabkan kematian.

Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat bahwa hingga Maret 2022 ini kasusTBC mencapai 197 kasus. Sementara pada 2021 sebanyak 917 kasus.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan, dr Yuliono mengingatkan kepada warga bahwa TBC masih ada dan berbahaya serta perlu dikendalikan, karena menjadi penyumbang kematian selain Covid.

“Harapannya kita masih ingat kembali bahwa TB itu masih ada. TB masih berbahaya bisa bercampur dengan Covid sebab kematian cukup tinggi,” ujar dr. Yuliono, Sabtu (26/3/2022).

Lebih lanjut Yuliono mengatakan, untuk mengantisipasi agar TB tidak menular, maka kebiasaan dalam PHBS perlu dilakukan. Agar penyakit yang mudah menular itu tidak cepat masuk. “Kami sudah melakukan upaya penanganan yakni dengan melakukan pencarian aktif termasuk bekerja sama dengan klinik kesehatan swasta,” tandasnya.[sar/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar