Pendidikan & Kesehatan

Kasus Positif Terus Naik, Ponorogo Berpotensi Terjerembab Zona Merah

Sekda Agus Pramono. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dalam 10 hari terakhir, di Ponorogo selalu ada penambahan kasus konfirmasi Covid-19. Data terakhir dari tim satgas penanggulangan Covid-19 Ponorogo menyebut ada tambahan 31 kasus baru. Sehingga membuat pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi ada 197 orang.

Lonjakan kasus ini, selain merupakan hasil tracing kontak erat kasus positif sebelumnya, penambahan ini juga didominasi dari kluster perkantoran dan kluster kelompok petugas pemungutan suara (KPPS). Dengan rincian, 16 PNS positif Covid dengan 1 diantaranya meninggal, serta 41 KPPS positif.

“Hari ini ada satu PNS yang positif Covid-19, yakni staf Bagian Umum kantor Setdakab Ponorogo,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ponorogo Agus Pramono, Senin (7/12/2020).

Agus menambahkan, pihaknya hingga kini masih melakukan trasing kontak erat sejumlah PNS positif dari kluster perkantoran tersebut. Dia mencontohkan di Inspektorat, tim satgas melakukan rapid anti gen, biar hasilnya cepat diketahui secara cepat. Sebab ada satu PNS di situ yang terkonfirmasi positif.

“Rapid anti gen terhadap kontak erat dari pasien yang positif ini untuk tahap pertama hasilnya sudah negatif. Hari ini ada 14 orang lagi yang dilakukan rapid anti gen,” katanya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap kontak erat PNS yang positif. Pihaknya juga melakukan penyemprotan di kantor-kantor yang menjadi PNS itu bekerja. Selain itu juga kantor-kantor yang berada di gedung graha krida praja lantai 8. Menindak lanjuti lonjakan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir, tim satgas melakukan pengetatan pada protokol kesehatan di lingkup perkantoran Pemkab. Selain itu juga membatasi sejumlah kegiatan masyarakat. Misalnya pembatasan tamu maksimal 100 orang pada acara pernikahan. Melarang kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk seluruh jenjang pendidikan.

“Kalau terus naik angka kasus barunya, Ponorogo bisa berpotensi masuk zona merah Covid-19,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar