Pendidikan & Kesehatan

Kasus Covid-19 di Panti Asuhan Bhakti Luhur Ditangani Secara Khusus

Panti Asuhan Bhakti Luhur, Jalan Raya Dieng.

Malang (beritajatim.com) – Sebanyak 170 penghuni Panti Asuhan Bhakti Luhur, Jalan Raya Dieng, Kota Malang, dinyatakan positif sesuai hasil swab antigen Covid-19. Dari jumlah itu, 8 orang terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai swab PCR.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengunjungi lokasi ini. Pemerintah Kota Malang memastikan asupan gizi dan vitamin dijamin oleh Dinas Kesehatan Kota Malang. Opsi terbaiknya mereka tetap diisolasi di panti asuhan ini sebab tempat ini sudah dianggap layak untuk isolasi.

“170 orang positif antigen. Terkonfirmasi Covid-19 itu 8 orang. Tapi kita waspadai ini kan anak-anak sudah satu tahun tidak keluar kok masih terpapar. Jadi baik yang positif antigen maupun negatif tetap diperlakukan sama,” kata Sutiaji, Rabu, (3/3/2021).

Sutiaji mengatakan, rencananya 170 orang ini akan dilakukan swab antigen ulang untuk mengetahui data terbaru. Sutiaji mengungkapkan pasien Covid-19 yang ada di Bhakti Luhur akan diperlakukan khusus. Sebab, sebagian besar merupakan penyandang disabilitas. Untuk itu, mereka tetap di panti tidak di rumah sakit lapangan Idjen Boulevard. Karena di panti perawatnya sudah tersedia.

“Jadi deteksi dini dulu, ini kami lakukan ini banyak yang anak-anak kita yang disabilitas jadi harus dapat perlakuan khusus. Jadi ada yang harus dipapah. Masuknya harus pakai kursi roda dan sebagainya dan itu para pengasuhnya sudah mengerti. Cuma pakai protokol Covid-19 agar aman,” ujar Sutiaji.

Sementara itu, Kadinkes Kota Malang Husnul Muarif mengatakan, dari jumlah itu sebanyak 16 orang dirujuk ke Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard dan Rumah Karantina Jalan Kawi. Selain 8 orang terkonfirmasi positif, sisanya masuk kategori propabel dan suspek Covid-19.

“16 yang dirujuk. Mereka selain 8 orang positif Covid-19. Sudah masuk data di Dinas Kesehatan, itu nanti masuk di suspeknatau probable. Belum masuk terkonfirmasi, jadi nanti masuknya di suspect, atau probable di luar 8 orang,” tandasnya. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar