Pendidikan & Kesehatan

Kasus Aktif Covid-19, Ponorogo Tertinggi se-Jatim

Tangkapan layar postingan instagram @dinkesjatim, pada tanggal 30 Agustus 2021.

Ponorogo (beritajatim.com) – Perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Ponorogo menjadi peringkat nomor satu untuk pasien positif aktif. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim per tanggal 29 Desember 2021, kasus aktif di Ponorogo ada 864 orang. Angka tersebut, lebih tinggi dari kota Surabaya sebanyak 814 orang, yang menempati peringkat kedua se-Jatim.

Secara keseluruhan, angka kumulatif pasien Covid-19 di Ponorogo sebanyak 11.575 orang. Dengan rincian pasien yang sembuh ada 9.496 orang, dan pasien covid-19 yang meninggal ada 1.215 orang.

Meski jumlah kasus aktif tertinggi se-Jatim, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengeklaim perkembangan Covid-19 di bumi reyog mulai reda dan landai. Faktanya saat dirinya mengunjungi rumah sakit, sudah tidak ada lagi pasien yang berada di tenda darurat. Selain itu angka kematian juga mulai turun di setiap harinya.

“Setiap harinya sudah mulai turun, kadang-kadang ada 14, 10 hingga 7 orang yang meninggal,” ungkap Kang Giri panggilan akrab Sugiri Sancoko, Senin (30/8/2021).

Dengan tuurunnya tren Covid-19 ini, Sugiri berharap Ponorogo kembali ke level 3 PPKM. Selepas itu jika semakin turun, bisa berganti status menjadi level 2 PPKM. Sehingga nantinya kalau sudah mencapai level 2, setiap program bisa dijalankan dengan baik. “Kalau sudah level 2 PPKM, semua program bisa dijalankan dengan baik,” katanya.

Untuk merubah level dan melandaikan Covid-19 di bumi reyog, Sugiri mengaku pihaknya saat ini menuruti intruksi dari pemerintah pusat. Untuk sementara tiadakan kegiatan yang menyebabkan kerumunan. Meniadakan pembelajaran tatap muka (PTM) dan menggantinya dengan dalam jaringan (daring). Selain itu meniadakan kegiatan hajatan atau resepsi. “Kita konsentrasi pada perubahan ke level 3. Mudah-mudahan normal lagi. Tidak ada lagi ambulan yang hilir mudik, dan tidak ada lagi di masjid siaran Innalillahi,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar