Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Kasunanan Surakarta Hadiningrat Bantu 20 Ribu Vaksin ke Ponorogo

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Ponorogo Heni Lestari (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Meski perkembangan Covid-19 di Ponorogo menurun, pemerintah setempat tetap tancap gas dalam program vaksinasi warganya. Program vaksinasi hampir setiap hari dilakukan di bumi reyog. Baik itu dilakukan secara massal maupun di gelar di desa-desa. Massifnya program vaksinasi tersebut, juga tak lepas dari suplai vaksin dari pemerintah pusat maupun bantuan dari pihak lain.

Belum lama ini, Pemkab Ponorogo mendapatkan bantuan 20.000 vaksin Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Vaksin tersebut diserahkan oleh pihak keraton kepada bupati Ponorogo. Meskipun begitu, pengambilannya tetap lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur.

“Diserahkan ke Bapak Bupati Sugiri Sancoko. Namun vaksinnya tetap lewat Dinkes Jatim,” kata Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo Heni Lestari, Rabu (13/10/2021).

Vaksin bantuan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini akan disalurkan ke warga lewat vaksinasi massal di Gedung Sasana Praja dan didistribusikan ke 31 puskesmas yang ada di bumi reyog. Dalam vaksinasi massal digelar selama 2 hari, dengan tiap harinya diberi kuota sebanyak 2250 dosis vaksin. Sementara sisanya 15.500 dosis akan disebar ke 31 puskesmas. Sehingga setiap puskesmas akan mendapatkan 500 dosis vaksin.

“Vaksinasi massalnya digelar kemarin dan hari ini. Untuk yang didistribusikan ke puskesmas ya sampai habis jatahnya,” ungkap Heni.

Untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok di Ponorogo, sedikitnya 70 persen warga bumi reyog sudah tervaksin. Pemkab Ponorogo bekerjasama dengan TNI dan Polri serta instansi terkait, terus menggalakkan vaksinasi. Yakni dengan melakukan vaksinasi di pondok-pondok pesantren hingga turun di pelosok desa.

“Vaksinasi di Ponorogo saat ini sudah mencapai 39 persen,” pungkas Heni. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar