Pendidikan & Kesehatan

Karyawan Positif Covid-19, Puskesmas Kedungkandang Kota Malang Ditutup Sementara

Puskesmas Kedungkandang, Kota Malang ditutup.

Malang (beritajatim.com) – Puskesmas Kedungkandang, Kota Malang ditutup selama tiga hari sejak Senin (24/8/2020) hingga Rabu (26/8/2020) untuk dilakukan sterilisasi area. Penyemprotan desinfektan dilakukan menyusul seorang karyawan Puskesmas terkonfirmasi positif Covid-19.

Jubir Satgas COVID-19 Kota Malang, Husnul Mu’arif mengatakan untuk seorang karyawa Puskesmas Kedungkandang, hasil swab keluar pada Minggu, (23/8/2020) kemarin malam. Dengan penutupan ini, praktis seluruh layanan kesehatan masyarakat ditutup selama tiga hari.

“Terkonfirmasi positif. Hasil swabnya kemarin malam keluar. Berapa yang terkonfirmasi nanti biar Pak Wid (Kabag Humas Pemkot Malang) yang menyampaikan,” ujar Husnul, Senin, (24/8/2020).

Husnul mengatakan, selain untuk sterilisasi seluruh area Puskesmas Kedungkandang. Penutupan juga untuk memberikan waktu istirahat atau pemulihan bagi seluruh karyawan Puskesmas. Apalagi, Puskesmas Kedungkandang tergolong pusat layanan kesehatan sibuk karena memiliki banyak kunjungan.

“Ditutup supaya recovery dari teman-teman Puskesmas itu cukup karena ini kunjungannya banyak. Akan ada pembatasan jam operasional jika kembali dibuka. Semisal semula pelayanan sampai jam 12.00 WIB, dipangkas sampai jam 10.30 atau pukul 11.00 WIB,” papar Husnul.

Husnul mengatakan, langkah yang dilakukan Puskesmas saat ini adalah melakukan tracing internal kepada seluruh karyawan mereka. Termasuk riwayat perjalanan seluruh karyawan. Setelah itu, mereka akan menjalani rapid test dan berlanjut ke uji swab.

“Kepala Puskesmas masih melakukan pembagian tugas untuk tracing internal karyawan, yang jumlahnya 60 hingga 64 orang. Jadi di tracing semua perjalanannnya 2 minggu ke belakang seperti apa saja. Setelah itu rapid test dan uji Swab,” tandas Husnul. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar