Pendidikan & Kesehatan

Karta Lempeni Lumajang Bagikan Seribu Masker dan Penyemprotan Disinfektan

Karta Lempeni dan pengurus desa setempat sedang melakukan penyemprotak disinfektan

Lumajang- Karang Taruna (Karta) Lempeni bersama perangkat Desa Lempeni Kecamatan Tempeh, Lumajang, dalam sepekan terakhir ini keliling desa melakukan penyemprotan disinfektan pada rumah warga.

Warga sangat antusias saat tim dari karta dan perangkat desa lainnya seperti Babinkamtibmas melakukan penyemperotan keliling desa guna menangkal virus corona.

“Jadi karang taruna kami bersama perangkat desa lainnya sebelumnya sudah keliling desa sosialisasi soal bagaimana hidup bersih agar terhindar dari corona,” kata Kepala Desa Lempeni Kecamatan Tempeh, Lumajang, Reza Firman Eldiansah kepada awak media akhir pekan ini.

Selain sosialisasi hidup bersih, karta juga intens memberikan edukasi kepada warga desa untuk sadar diri melapor ke RT/RW jika ada warga yang datang dari daerah zona merah corona. “Langkah-langkah pencegahan terus kami lakukan di desa kami bersama karang taruna, kemarin kami juga tiga hari keliling desa lakukan penyemprotan,” imbuh kepala desa yang kartanya tergabung dalam Heppiii Community.

Karta juga secara aktif meminta perantau yang pulang kampung untuk melakukan pengecekan kesehatan ke Polindes. “Jika ada keluhan berlanjut kami bawa ke puskesmas,” papar kepala desa yang membawahi 1500-an Kepala Keluarga (KK). Hingga saat ini desanya masih bersih dari paparan corona, terlebih penyemprotan ke rumah warga juga intensif dilakukan.

Menurutnya warga sangat antusias sekali, bahkan banyak yang meminta penyemprotan ke tempat yang digunakan sebagai pusat aktivitas, pintu, gerbang, serta interior rumah lainnya yang banyak digunakan untuk aktivitas atau banyak disentuh warga. “Kami juga semprot kandang ternak, karena di kandang ternak ini kan banyak aktivitas warga,” ungkapnya.

Karta dan petugas desa juga semangat karena antusiasme warga sangat tinggi. “Minggu depan kami akan lakukan penyemprotan lagi,” jelasnya. Selain itu pihaknya bersama karta juga akan membagikan masker gratis untuk warga sebagai upaya pencegahan dari virus corona. “Ada seribuan yang akan kami bagikan,” ulasnya.

Koordinator Heppiii Community Lumajang Miftachul Arif menyambut baik peran aktif desa khususnya karta yang tergabung dalam Heppiii Community di Lumajang dalam mencegah corona dengan berbagai kegiatan. Menurutnya warga di desa punya peran penting pencegahan Corona agar wabah ini tak masuk ke desa-desa.

Pihaknya juga berharap agar kegiatan pencegahan bisa dilakukan oleh karta lainnya, dengan demikian wabah ini bisa segera mereda.(ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar