Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Karawitan Ngudi Laras Meriahkan Penutupan KKN Umsida

Sidoarjo (beritajatim.com) – Tepatnya hari Selasa, tanggal 29 Maret 2022 di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dilaksanakan sebuah kegiatan bertajuk pengenalan produk-produk karya mahasiswa-mahasiswi dari hasil KKN diberbagai daerah di Jawa Timur. Kabupaten yang bertempatan yaitu Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan.

Joko Susilo selaku dosen pembimbing berpandangan bahwa mahasiswa-mahasiswi ini harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat. Hasil dari KKN juga dipamerkan di acara penutupan, mulai dari kuliner berupa makanan dan minuman, batik, dan lain sebagainya. Pengunjung bazar juga sangat bersemangat membeli produk-produk UMKM karya mahasiswa-mahasiswi Umsida.

Pemandangan yang tak kalah menarik yaitu dihadirkannya seni karawitan Ngudi Laras Budaya dari SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo. Hal itu menandakan bahwa Umsida sangat menjunjung nilai-nilai seni tradisional.

Di tengah ramainya bazar, tim karawitan yang dikomandoni oleh Eko Rohulla sebagai pembina dan Murlan pelatih bergeliat menyambar dengan laras pelognya. Gending-gending jawa seperti Aja Lamis, Gugur Gunung, Marikangen, Sluku-Sluku Bathok, Aja Dipleroki, Prau Layar dan lain-lain juga disajikan. Melalui tangan lincah dan olah rasa dari siswa-siswi SMP Negeri 1 Tulangan (Salwa, Alfin, Dicky, Angkin, Aldi, Anita, Feni, Niken, Joyo, Candra, Hafids, Kevin, Angga, Anzil dan Regita) gending-gending karawitan menggema di langit Umsida.

Kepala SMP Negeri 1 Tulangan yang memiliki nama lengkap Agus Pujiono, S.Pd.,MSi sangat mendukung kegiatan seni karawitan. “Seni Karawitan adalah seni yang adluhung, terdapat nilai-nilai filosofis yang nanti akan bermanfaat pada generasi muda, pokoknya harus dilestarikan kesenian ini,” ungkap Agus Pujiono.

Selain menyajikan gending-gending jawa, terdapat pula penyajian geguritan yang tak kalah menarik. Melalui kolaborasi antara paguyuban wayang sarib dengan Ngudi Laras Budaya, keharmonisan tercipta dengan baik. Keindahan di atas panggung UMSIDA seolah menjadi bukti bahwa seni tradisi di Sidoarjo akan berkembang dengan baik. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar