Pendidikan & Kesehatan

Kapolres Tuban Borong Masker Pedagang lalu Dibagi-bagi di Pasar

Kapolres Tuban bersama Dandim 0811 Tuban, Kasatpol PP, Kepala Dishub dan Kepada Dinkes Kabupaten Tuban saat operasi Yustisi dengan berbagi Masker di Pasar. [Foto/M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Polres Tuban bersama dengan Kodim 0811 Tuban, Satpol PP, Dishub serta Dinkes Tuban melakukan apel bersama untuk pelaksanaan Operasi Yustisi di wilayah Tuban, Selasa (2/2/2021). Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban.

Dalam kegiatan Operasi Yustisi kali ini, tim Satgas Covid-19 di Tuban itu hanya memberikan imbauan dan teguran terhadap warga yang kedapatan tidak memakai masker yang ada di pasar. Selain itu Kapolres Tuban memborong masker dari salah satu pedagang dan kemudian dibagikan kepada pengunjung serta pedagang yang ada di pasar.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, kegiatan Operasi Yustisi kali ini dilakukan dengan menyisir sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Tuban. Petugas memberikan imbuan kepada para pedagang supaya selalu menggunakan masker saat melakukan aktivitas di pasar karena pasar merupakan tempat berkumpulnya banyak orang.

“Pagi ini kita melaksanakan kegiatan Yustisi berupa pembagian masker kepada masyarakat bersama instansi terkait sasarannya di pasar tempat aktivitas masyarakat,” terang AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban yang memimpin pelaksanaan kegiatan operasi itu.

Sasaran pertama pelaksanaan operasi yustisi untuk menerapkan protokol kesehatan itu adalah Pasar Krempyeng yang ada di jalan Pramuka, Kota Tuban. Saat sampai di pasar tersebut petugas gabungan itu langsung memberikan masker kepada para pedagang.

Selain membagikan masker yang telah disedikan sebelumnya, Kapolres Tuban yang mengetahui adanya seorang pedagang yang berjualan masker kain langsung memborongnya. Selanjutnya, masker yang dibeli dari pasar itu kemudian dibagikan untuk para pedagang yang sedang melakukan aktivitas jual beli.

“Kita berikan edukasi dan mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Kita membagikan masker kepada mereka yang tidak memakai masker dan kita memberitahu cara penggunaan masker yang benar, ini adalah upaya kita dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban,” sambung Kapolres Tuban yang asli Kelahiran Ngawi itu.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Operasi Yustisi kali ini petugas gabungan itu juga melakukan sosialisasi dan bagi-bagi ribuan masker itu di plaza ikan serta Pasar Baru Kabupaten Tuban. Pasalnya saat ini untuk wilayah Kabupaten Tuban masuk dalam kategori wilayah yang masuk dalam perpajangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). [mut/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar