Pendidikan & Kesehatan

Kampung Ilmu Jalan Semarang, Pusatnya Buku Bekas di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Kampung Ilmu jadi surganya pemburu buku bekas dan baru di Surabaya. Pusatnya buku bekas dan jadi salah satu yang terbesar dan terlengkap di Kota Surabaya. Lokasinya yang tepat di tepi Jalan Semarang No 55, Kota Surabaya, menjadikannya sangat strategis untuk dikunjungi.

Kampung ilmu yang sejatinya dibuka sejak tahun 2009 ini, menampung kurang lebih ada 70 pelapak. Semuanya menyediakan berbagai macam jenis buku, mulai buku pelajaran, novel, majalah, dll. Semua itu pula ada yang baru dan ada pula yang bekas.

Tak hanya menjual berbagai jenis buku, bagi kalian yang ingin menjual buku bekas kalian pun bisa juga disini. Para pedagang akan menghargai sesuai dengan kondisi buku itu.

“Disini buku baru dan bekas semuanya ada, mau jual buku ya bisa, dibilang lengkap ya ndak juga, cuma pilihannya banyak,” kata Umar (35), salah seorang pedagang buku, Minggu (20/07/2019)

Masih kata Umar, buku bekasnya ngambil dari pengepul barang bekas. “Kalau yang baru, kita beli kalau pas lagi ada cuci gudang gitu,” katanya.

Sepanjang lorong di Kampung Ilmu, kanan kirinya pun dipenuhi oleh pedagang. Semuanya berjajar rapi dengan tumpukan buku buku mereka sampai terlihat menggunung.

Soal harga buku disini relatif murah dibandingkan toko buku ternama. Rata rata ditawarkan harga di bawah 100 ribu. Bahkan jika beruntung akan mendapatkan buku seharga 5 ribu – 10 ribu rupiah saja.

“Sekarang nih lagi sepi, omset ya ga mesti per hari, kasarannya 500 ribu lah kira kira,” ungkap Umar.

Menurut Umar, tahun ajaran baru kali ini tidak memberi dampak yang banyak terhadap penjualan, karena buku yang dipakai selalu gonta ganti. Hal ini mengakibatkan pengunjung di Kampung Ilmu saat ini tak seramai dulu.

Salah satu pengunjung Kampung Ilmu, Fatma, mengaku bahwa sudah sering belanja buku di Kampung Ilmu. Bocah SMP yang kebetulan saat itu ditemani oleh ibunya mangatakan kalau harga buku buku disini (Kampung Ilmu) lebih murah dan kompetitif daripada ditempat lain.

“Aku kebetulan nyari buku biologi SMP mas, buku ku yang lama hilang jadi beli disini aja sama mama,” jelas Fatma. [mfr/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar