Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Kampanye Vaksinasi di Kota Kediri, Satu Kelurahan Iming-imingi Hadiah Total 10 Juta

Kediri (beritajatim.com) – Di Kelurahan Ngronggo Kecamatan Kota jumlah warga yang sudah melakukan vaksinasi covid19 jadi salah satu tolok ukur untuk meraih hadiah. Total hadiah yang dijanjikan pun lumayan besar, yaitu 10 juta. Tujuan dijanjikan hadiah agar tingkat partisipasi warga dalam kegiatan di lingkungan tinggi. Salah satu kegiatan itu soal vaksinasi Covid-19.

“Mengajak warga untuk ikut vaksinasi itu susah-susah gampang, terutama untuk masyarakat awam yang belum begitu familiar dengan istilah vaksinasi Covid-19,” Ungkap Heru Sugiarto, Lurah Kelurahan Ngronggo. saat ditanyai menyoal bagaimana usahanya dalam mengkampanyekan vaksin Covid-19.

Tidak patah arang, ia bersama tim di Kelurahan Ngronggo memutar otak, mencari solusi efektif demi tercapainya target vaksinasi di Kelurahan Ngronggo. “Toh ini nanti manfaatnya juga akan kita rasakan bersama, kita berusaha untuk segera terbebas dari pandemi ini,” imbuhnya.

Benar saja, rupanya langkah jitu yang dipilih adalah dengan menyelenggarakan sebuah lomba. Menurut keterangannya, ada total 10 juta rupiah disiapkan sebagai hadiah dalam kompetisi yang diselenggarakan antar RW di Kelurahan Ngronggo tersebut.

“Lomba kebersihan, salah satu indikator utamanya adalah jumlah warga yang telah mengikuti vaksinasi dalam satu lingkungan RW itu, semakin banyak warga yang mau untuk divaksin, semakin tinggi nilai yang didapatkan,” ungkap Heru.

Selain itu, ada kriteria lain yang juga menyumbang angka dalam penilaian lomba tersebut. “Selain vaksin, ada juga kriteria penilaian seperti lingkungan bersih dari jentik nyamuk, penyakit menular, dan tidak ketinggalan bersih dari narkoba juga, sejalan dengan program Ngronggo bersinar,” tandasnya.

Secara garis besar, Heru mengatakan bahwa lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat Kelurahan ini menyasar tiga poin utama. Meliputi bersih Covid-19, bersih lingkungan dan bersih narkoba.

“Insya allah tanggal 26 Juni besok akan kita adakan penilaian lomba kebersihan tersebut dengan ketiga indikator utama tadi” ujar Heru.

Sebelum itu, guna mengajak warga untuk mewaspadai Covid-19 dan bersedia melakukan vaksin, pihaknya mengaku terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warganya. “Kita edukasi warga, baik secara langsung, melalui Whatsapp grup, hingga melalui ibu-ibu kader PKK setempat,” pungkas Heru.

Sementara itu, terobosan ini disambut positif oleh Retno Wulansari, salah satu kader yang ada di RT 1 RW 1 Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri. “Sangat mendukung, terobosan yang bagus, sekaligus dapat mengedukasi masyarakat untuk mengikuti vaksin, bahwa vaksin itu aman dan halal,” ujar wanita yang kesehariannya berdagang ini.

Ia juga berharap semoga dengan ini semakin banyak warga yang mau divaksin. “Semakin banyak yang mau divaksin, semakin besar pula kemungkinan kita dapat segera terbebas dari pandemi Covid-19 ini,” imbuhnya.

Sejauh ini di Kelurahan Ngronggo, sedikitnya 600 orang yang terdiri dari pelayan publik dan lansia telah terdaftar sebagai penerima vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh Puskesmas wilayah selatan. Data tersebut akan terus bertambah hingga target keseluruhan tercapai. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar