Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Kali Kedua, Keraton Surakarta Bantu 22.500 Dosis Vaksin Untuk Ponorogo

Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono didampingi oleh Bupati Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdyarita saat meninjau vaksinasi di Balai Desa Kauman. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Keraton kasunanan Surakarta kembali ambil bagian dalam vaksinasi di bumi reyog. Mereka kembali menfasilitasi distribusi vaksin. Sebanyak 22.500 dosis vaksin didatangkan untuk menggelar vaksinasi di 28 titik lokasi.
Lokasi vaksinasi itu diantaranya meliputi di sejumlah puskesmas dan berbagai titik di balai desa yang ada di Kabupaten Ponorogo.

“Kegiatan vaksinasi ini gelombang kedua dari Keraton Kasunanan Surakarta. Vaksinasi tambahan itu atas permintaan Bupati Ponorogo,” kata Koordinator Pelaksana Sentra Vaksinasi Karaton Surakarta, RA Febri Dipokusumo, saat meninjau vaksinasi dengan rombongan Bupati Ponorogo, Rabu (3/11/2021).

Sebanyak 22.500 dosis ini, akan dihabiskan selama 2 hari, yakni tanggal 3-4 November 2021. Fasilitasi kegiatan vaksin untuk Kabupaten Ponorogo ini, atas prakarsa Sinuhun Pakoe Boewono XIII dan Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono. “Kegiatan vaksinasi dilakukan serentak mulai hari ini, digelar di 28 puskesmas dan titik-titik lokasi yang ada di sejumlah desa,” ungkapnya.

Ada dua lokasi yang ditinjau langsung oleh Bupati Ponorogo dan Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono, yakni di Balai Desa Dadapan dan Balai Desa Kauman. Jenis vaksin yang digunakan pun bukan seperti biasanya, seperti Sinovac atau AstraZeneca. Namun memakai vaksin jenis Pfizer.

“Semoga kerjasama Karaton Kasunanan Surakarta dengan Kabupaten Ponorogo dan didukung sepenuhnya oleh Salim Grup ini benar-benar bisa ikut serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Tak hanya itu gencarnya vaksisansi ini diharapkan ikut membantu percepatan untuk mencapai kekebalan komunal serta ikut membantu percepatan pemulihan ekonomi,” harap Febri.

Untuk diketahui, keraton Kasunanan Surakarta sebelumnya sudah menfasilitasi vaksin untuk Ponorogo. Pada gelombang pertama itu digelar pada 12-13 Oktober 2021 lalu. Saat ini sebanyak 20.000 dosis digelontorkan untuk masyarakat Ponorogo.

Sehingga total yang dialokasikan untuk Kabupaten Ponorogo itu sebanyak 42.500 dosis vaksin. Untuk Jawa Timur, selain Ponorogo Keraton Kasunanan Surakarta juga ikut membantu digelarnya vaksinasi di Kabupaten Pacitan. Sementara untuk Jawa Tengah memfasilitasi kegiatan vaksinasi untuk para abdi dalem dan masyarakat umum di Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Karanganyar.(end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar