Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Kadinkes Jatim: Kasus Omicron di Surabaya 1 Orang

Varian Omicron. Foto: ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim), Dr. Erwin Astha Triyonno, dr., Sp.PD., KPTI. menegaskan bahwa pasien Covid-19 yang terdeteksi Omicron di Surabaya saat ini masih 1 Orang.

Satu orang pasien tersebut merupakan seorang warga Surabaya berinisial TYC yang baru saja berlibur ke salah satu tempat wisata di Indonesia selama 5 hari bersama suaminya yang berinisial SJJ menggunakan kendaraan pribadi.

Dr Erwin menjelaskan dari hasil tracing kepada kerabat TYC memang ditemukan satu anggota keluarga yang hasil PCRnya positif, tetapi Edwin menjelaskan bahwa sejauh ini semua sample dari PCR dikirimkan ke Instute Tropical Desease (ITD) Unair untuk dilakukan Whole Genom Sequencing (WGS).

“Berdasarkan sample yang dikirimkan ke laboratorium ITD itu hasilnya cuma satu yang memiliki probable varian Omicron, yaitu TYC,” tegas Dr Erwin, Senin (3/1/2022).

Terkait satu pasien yang anggota keluarga yang hasil PCRnya positif, Dr Erwin menyebutkan bahwa pasien tersebut tanpa gejala dan tidak memiliki kontak yang terlalu erat dengan TYC. Saat ini pun sedang menjalankan isolasi mandiri beda rumah dengan pantuan puskesmas dan dinas kesehatan.

“Pasien positif lainnya sebenarnya tidak benar-benar memiliki kontak erat, tetapi karena keluarga jadi terjaring tracing kami. Sebenarnya gerak tracing teman-teman di Surabaya ini sudah bagus. Tetapi sejauh ini data yang dikeluarkan ITD hanya satu yang memiliki probable Omicron, yakni TYC,” tegas Dr Erwin. [adg/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar