Pendidikan & Kesehatan

Kadinkes Gresik Pastikan Insentif Nakes yang Tangani Covid-19 Cair Minggu Ini

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik drg Syaifuddin Ghozali menyatakan bahwa insentif tenaga kesehatan (Nakes) yang menangani Covid-19 sudah cair.

Mantan Sekretaris Dinkes Gresik itu juga menginformasikan, dari 14 rumah sakit swasta, sudah dicairkan semua. Sedangkan nakes RSUD Ibnu Sina memakai anggaran dana pusat. Maka harus ada pendampingan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Sudah selesai semua dan saya pastikan minggu ini cair,” ujar drg Syaifuddin Ghozali kepada wartawan, Kamis (17/09/2020).

Sebelumnya, nakes yang bertugas menangani pasien Covid-19 mengeluhkan belum cairnya dana insentif sejak Maret 2020 lalu.

Nakes terdiri dari perawat, dokter umum, dan spesialis. Selama ini mereka bekerja ekstra. Bahkan, ada yang terkonfirmasi positif atau meninggal dunia.

“Kalau dijanjikan minggu ini syukurlah. Sebab, teman-teman disini sudah mengeluh saja isinya. Mulai dari perawat hingga dokter. Padahal, di daerah lain sudah cair. Pasien yang terpapar positif terus bertambah,” ujar salah satu dokter yang namanya minta dirahasiakan.

Belum cairnya dana insentif buat nakes yang bertugas ini juga sempat menjadi sorotan Komisi IV DPRD Gresik. Mohammad selaku ketua komisi menuturkan, keluhan itu sudah lama masuk ke komisinya. Malahan sudah berkali-kali dilakukan hearing dengan Dinkes Gresik.

“Dananya kan sudah ada tinggal mencairkan saja. Kenapa dipersulit ini menjadi pertanyaan. Kadinkes bilang sudah oke tapi kok belum cair,” ungkapnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar