Pendidikan & Kesehatan

Kadiknas Provinsi Jatim Buka Lomba Kompetensi Siswa di Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebanyak 885 Siswa pilihan SMK se Wilayah Jawa Timur baik dari sekolah negeri maupun swasta berlaga pada kegiatan Lomba Kompetensi Siswa ke XXVII Tahun 2019.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Saiful Rachman dengan didampingi oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin, di GOR Serbaguna Sidoarjo Rabu (24/4/2019).

Kompetisi akan dihelat selama tiga hari kedepan 24 s/ 26 April. Harapannya bisa mendorong para siswa SMK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperkenalkan kegiatan ini sebagai wujud langkah nyata pemerintah dalam peningkatan program pendidikan SMK.

Kata Kadiknas Provinsi Jatim Saiful Rachman, kegiatan tahunan ini untuk memberi semangat bagi para siswa SMK khususnya di Provinsi Jawa Timur dalam menciptakan inovasi baru agar mampu bersaing di era globalisasi.

“Dengan adanya inovasi dari kompetensi siswa SMK yang cerdas, kedepannya diharapkan akan mampu bekerjasama dengan para pelaku usaha dan industri, guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri,” ucapnya.

Dalam kesempatan sama, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin mengucapkankan terima kasih telah memilih Kabupaten Sidoarjo sebagai tempat pelaksanaan LKS SMK Tahun 2019.

Lomba Kompetensi Siswa ini dilakukan secara berjenjang mulai dari kota / kabupaten, provinsi kemudian ke tingkat nasional. Dengan adanya kompetisi ini bisa mendorong para siswa SMK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperkenalkan inovasi dan keahlian ke dunia industri.

“Tugas pemerintah dalam hal ini adalah mengarahkan, membimbing, dan menciptakan para siswa SMK yang unggul dan kompeten dibidangnya masing-masing, untuk terus berinovasi dan berdikari. Dinama yang menjadi hal terpenting pada kegiatan ini adalah bukanlah suatu kemenangan, tetapi lomba ini untuk membangkitkan generasi muda dalam meningkatkan kreativitas dan inovasinya, sehingga kedepannya dapat bersaing di dunia kerja,” papar Nur Ahmad.

Ada beberapa SMK yang ditunjuk sebagai tempat menyelengaraan lomba diantaranya SMKN 1 dan 2 Buduran, SMK 10 November dan SMK Antartika Sidoarjo serta ada beberapa kompetisi yang diadakan di SMK yang berada di Surabaya. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar