Pendidikan & Kesehatan

Kader dan Alumni PMII Diminta Jangan Takut Nikah

Jember (beritajatim.com) – Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKAPMII) Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar bimbingan teknis pranikah di Aula NU Kencong, 5-6 April 2019. Acara ini bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Jember.

Ketua Pengurus Cabang NU Kencong Zainil Ghulam mengatakan, menikah merupakan proses ikhtiar untuk membangun umat yang lebih baik. “Maka bagi kader dan alumni PMII jangan takut untuk menikah,” katanya.

Bimtek ini diikuti 50 orang. Ketua IKAPMII Jember Akhmad Taufiq mengatakan, kegiatan tersebut untuk membekali para anggota dan alumnus PMII yang jendak menikah. “Di sisi lain, bimtek pranikah ini merupakan modernisasi ajaran yang jauh sebelumnya secara kultural sudah dilakukan para orang tua kita,” katanya.

Bimtek pranikah ini didesain sedemikian rupa sehingga lebih menarik dan lebih diterima di era sekarang. IKAPMII dan Kementerian Agama berikhtiar menekan angka perceraian melalui bimtek. Saat ini setiap tahun ada 21 ribu pasangan yang menikah. Namun, dalam setahun juga ada enam ribu janda dan duda baru karena bercerai.

Anang Ismanto dari Kementerian Agama Jember menyampaikan, agenda bimtek pranikah ke depan menjadi wajib. Apalagi sudah ada regulasi yang mengatur, mereka yang mau menikah harus memiliki sertifikat bimtek pranikah. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar