Pendidikan & Kesehatan

Kabupaten Mojokerto Dapat Jatah 77.360 Vaksin Covid-19

Mojokerto (beritajatim.com) – Kabar baik, vaksin Covid-19 sudah tiba di Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, pada Senin, (4/1/2021) kemarin. Kabupaten Mojokerto mendapatkan jatah 77.360 vaksin, saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) mempersiapkan 10 orang yang akan di vaksin pertama di Kabupaten Mojokerto.

Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Mojokerto, Didik Khusnul Yakin mengatakan, Presiden Joko Widodo dan para menteri Kabinet Indonesia Maju akan disuntik vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China Sinovac Biotech Ltd pada, Rabu (13/1/2020) pekan depan.

“Minggu depan, tanggal 13 itu vaksin dirilis oleh Presiden. Insya Allah kita akan melaksanakan tanggal 15 nya, nanti ada 10 orang akan di vaksin. Dinkes akan mempersiapkan dan insya Allah akan dilakukan simbolisasi untuk vaksin itu sebelum kepada sasaran,” ungkapnya usai dilantik sebagai Pejabat Sekdakab Mojokerto di Pendopo Graha Maja Tama Pemkab Mojokerto, Rabu (6/1/2021).

Masih kata Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Mojokerto, alokasi sementara yang akan diterima Kabupaten Mojokerto untuk vaksin Covid-19 ada sebanyak 77.360 dengan sasaran pertama yakni pejabat layanan publik dan tenaga kesehatan (nakes). Karena vaksin masih terbatas sehingga diupayakan tentu dari jajaran Forpimda terlebih dahulu.

“Tetapi kan harus kita screening dulu karena kalau dia komorbid tidak boleh di vaksin. Di screening dulu, untuk mengetahui ada penyakit penyerta atau tidak. Kalau tidak ada penyakit penyerta, ok kita vaksin. Tapi tentunya yang dijadikan contoh misal Pak Bupati, kalau Pak Kapolres habis terkonfirmasi jadi tidak,” katanya.

Didik yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto ini menjelaskan, screening dilakukan untuk melihat kesiapan kondisi seseorang. Menurutnya, jika kondisi badannya tidak siap maka tidak boleh dipaksakan karena akibatnya akan fatal. Untuk nakes yang disiapkan di 10 orang pertama yakni dokter, jika ada sisa kuota 10 orang tersebut.

“Namun kemarin kita langsung tancap gas, kita kemarin langsung rapat dengan Satgas Covid dan Satgas Covid itu kita punya tahapan. Insya Allah, besok kita jadwalkan melakukan penyemprotan bersama dengan semua jajaran sampai desa. Kemudian tanggal 9 hipnoterapi tahap kedua yang dilaksanakan Polres Mojokerto,” tambahnya. [tin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar