Pendidikan & Kesehatan

Kabupaten Malang Masuk Zona Kuning Covid-19, Operasi Yustisi Turut Berjasa

Malang (beritajatim.com) – Wilayah Kabupaten Malang dengan 33 kecamatan kini masuk zona kuning Covid-19. Signifikansi penurunan zona dari merah, oranye ke kuning itu, ternyata tidak terjadi begitu saja.

Kepolisian Resor Malang menyatakan ada korelasi antara keberhasilan operasi yustisi dengan berubahnya warna zona Covid-19 di Kabupaten Malang.

Berubahnya warna pada zona tersebut berhubungan dengan penurunan angka penularan Covid-19 di suatu wilayah.

“Kabupaten Malang termasuk wilayah di Jawa Timur yang berhasil menjadi zona kuning, karena keberhasilan operasi yustisi,” terang Kabagops Polres Malang, Kompol Hegi Renata ketika dikonfirmasi pada Senin (5/10/2020).

Sebelum berubah menjadi zona kuning, Kabupaten Malang masih termasuk zona oranye Covid-19.

Hegi menjelaskan, dalam kurun waktu 14 terakhir, 128 orang di 30 kecamatan telah terjaring operasi yustisi.

“Ada 128 ribu orang pelanggar di 30 kecamatan. Belum lagi data di Kota Batu, karena 3 kecamatan di Kabupaten Malang masuk wilayah hukum Polres Batu,” papar Hegi.

Terkait pemberian sanksi, Hegi menuturkan diberikan secara beragam. Sanksi tersebut diantaranya teguran lisan dan tertulis, kerja sosial maupun denda.

Untuk sanksi denda, ternyata disesuaikan dengan kemampuan finansial pelanggar.

“Tetapi dari putusan pengadilan melakukan penilaian. Ada masyarakat yang tidak mampu, akhirnya dialihkan ke kerja sosial,” bebernya.

Hegi menyatakan jika pemberian sanksi denda sesuai regulasi yang tercantum dalam Peraturan Bupati Malang.

“Sesuai perbup, dendanya di Kabupaten Malang itu Rp100 ribu,” terang Hegi.

Hegi memastikan institusinya merupakan yang paling sibuk dalam melakukan operasi yustisi.

“Ritme pelaksanaan yustisi sehari 3 kali hingga 10 kali,” Hegi mengakhiri.

Sebagai informasi, per 4 Oktober 2020 ini di Kabupaten Malang jumlah pasien positif Covid-19 adalah 912. Sementara yang dinyatakan sembuh sejumlah 812 dan orang meninggal dunia 59 orang. Sementara pasien Covid-19 yang masih dalam tahap perawatan adalah 51 orang. Pemerintah daerah pun gencar mengajak masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan selalu menjaga jarak atau phisycal distancing. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar