Pendidikan & Kesehatan

Kabar Gembira, 23 Pasien PDP Covid-19 Asal Gresik Dinyatakan Sembuh

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 drg.Saifuddin Ghozali (kiri) didampingi Wabup Gresik M.Qosim saat melakukan telekomunikasi dengan pasien yang telah sembuh.

Gresik (beritajatim.com) – Ada kabar menggembirakan terkait penanganan virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Gresik. Dari catatan Satgas Penanganan Covid-19 Gresik, ada 23 pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 drg. Saifuddin Ghozali mengatakan, dari 23 pasien yang masuk kategori PDP itu, salah satunya adalah pasien asal Driyorejo, Gresik yang berprofesi sebagai perawat.

“Dia Desta yang tinggal di Perumahan Kota Baru Driyorejo sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani swab dua kali dan foto thorax,” katanya kepada wartawan, Rabu (8/04/2020).

Lebih lanjut Saifuddin Ghozali menuturkan, pasien tersebut sebelumnya dinyatakan positif terkena Covid-19 kendati bekerja sebagai perawat di salah satu rumah sakit Surabaya. Setelah positif, yang bersangkutan menjalani isolasi diri selama 14 hari dan menjalani perawatan medis.

“Masyarakat tak usah khawatir dan melakukan stigma yang berlebihan terhadap pasien yang sudah sembuh,” tuturnya.

Setelah dinyatakan sembuh, Desta yang berusia 34 tahun langsung ditelepon oleh Wabup Gresik, M.Qosim. Wabup tersebut lalu menanyakan kondisi kesehatannya.

“Mbak Desta kabarnya gimana,” tanya M.Qosim.

Mendapat pertanyaan itu, Desta menceritakan kondisinya saat ini sehat dan bisa beraktivitas kembali.

Sebelum berbicara banyak dengan Wabup M.Qosim, Desta bercerita saat dinyatakan positif terkena Covid-19 sewaktu pulang dari Jakarta. Saat itu, dirinya sempat bingung. Sebab, setelah hasil swab di Jakarta dinyatakan positif. Namun, sebaliknya swab di Surabaya malah negatif. Tapi, setelah swab ketiga dirinya sadar betul bahwa sudah dinyatakan positif.

“Sewaktu saya dinyatakan positif Covid-19. Reaksi warga di sekitar lingkungan rumah biasa saja. Apa ini karena saya kurang berinteraksi dengan warga. Pasalnya, sebagai perawat saya berangkat pagi lalu pulangnya malam hari,” ungkapnya.

Usai dinyataka sembuh secara medis. Desta malah memberikan beberapa tips, dan mengimbau masyarakat tidak perlu kuatir berlebihan tapi tetap waspada terkait dengan penyebaran virus Covid-19

“Saya mengimbau agar masyarakat tetap memakai masker. Ikuti anjuran pemerintah dengan melakukan psysical distancing serta berpikir positf. Jaga kesehatan dengan makan yang teratur plus minum suplemen, dan ini yang penting jika sudah ada gejala lakukan isolasi diri sebagai upaya menyelamatkan keluarga sendiri,” pungkasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar