Pendidikan & Kesehatan

Kabar Baik, Okupansi Pasien Covid-19 di RSSA Terendah Dalam 3 Bulan Terakhir

Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Angka pasien Covid-19 di Kota Malang terus menurun. Statistik itu berdampak pada jumlah okupansi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang. Bahkan mereka mencatatkan jumlah okupansi terendah dalam tiga bulan terakhir.

Kasubbag Humas RSSA Malang, Dony Iryan mengatakan jika dianggap menurun tidak termasuk. Sebab, jumlah okupansi belum menyentuh angka 90 persen dari seluruh tempat tidur atau bet yang disediakan untuk pasien Covid-19 di RSSA.

“Kalau menurun belum, karena tidak mendekati angka 90 persen dari total okupansi. Dari 84 bet yang terisi 39 yang kosong 45. Tapi ini masuk dalam tataran rendah dalam 3 bulan terakhir,” kata Dony, Selasa, (27/10/2020).

Dony mengatakan, di RSSA ada 9 ruang ICU untuk pasien Covid-19. Dari jumlah itu, untuk ICU masih terisi penuh. Untuk tempat tidur yang dilengkapi alat ventilator juga penuh. RSSA pun terpaksa menolak pasien yang membutuhkan ventilator. “Ada 9 ICU dan semuanya terisi, yang kita tolak itu rata-rata yang butuh ventilator. Karena ditempat kami ada 9 ventilator dan semuanya penuh,” ujar Dony.

Dony juga mengungkapkan, beberapa ruangan di RSSA sedang dilakukan perbaikan. Salah satunya sarana operasi untuk Covid-19 yang membutuhkan pembedahan. RSSA juga sempat menolak pasien dengan kasus serupa. Bahkan sebagian pasien RSSA ada yang dikirim ke RSUD Sutomo, Surabaya.

“Kita menolak karena ada perbaikan sarana operasi untuk Covid-19 yang butuh pembedahan. Tidak bisa dilakukan karena ventilasi ruang operasi ada masalah sehingga pasien yang membutuhkan pembedahan tidak bisa di terima. Sedangkan pasien kita aja dikirim ke Soetomo,” tutur Dony.

Sementara itu, Data Covid-19 Kota Malang saat ini ada 1.995 pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Dari jumlah itu, 200 pasien meninggal dunia, 1.770 pasien telah dinyatakan sembuh dan hanya 25 pasien yang masih dalam pemantauan atau isolasi. “Tetap tidak santai tapi kita bersyukur karena ada penurunan angka positif,” tandas Dony. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar