Pendidikan & Kesehatan

Pandemi Covid-19

Jumlah Vaksinasi Balita di Bangkalan Turun

Sudiyo, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan (dok)

Bangkalan (beritajatim.com) – Lantaran wabah Covid-19, para orang tua di Kabupaten Bangkalan enggan melakukan imunisasi kepada anak. Sehingga, kegiatan vaksinasi terhadap balita terus menurun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, Sudiyo mengatakan, sejak pandemi Covid-19, skema vaksinasi berubah. Kegiatan imunisasi yang biasa dilakukan di Posyandu kini terpusat di Puskesmas, Pustu dan Puskesdes.

“Tetap dilakukan imunisasi, namun sekarang kita pasif menunggu orang yang datang untuk imunisasi, kalau dulu kita yang aktif datang ke Posyandu,” ujarnya, Jumat (29/5/2020).

Hal serupa disampaikan oleh dr Daniar Sukmawati kepala Puskesmas Bangkalan. Ia mengatakan, sejak masa pandemi terjadi penurunan jumlah orang yang datang untuk melakukan imunisasi. “Kalo penurunan pasti, tetapi tidak signifikan karena pelayanan kita masih buka dan di BPS yang ambil vaksin ke kita juga masih jalan,” ungkapnya.

Ia membenarkan penurunan tersebut terjadi akibat adanya pandemi Covid-19. Pihaknya terus melakukan pelayanan sesuai dengan prosedur protokol pelayanan kesehatan sesuai dengan prosedur Covid-19. “Faktornya memang karena Covid-19. Kita lakukan pelayanan sesuai protokol dan bagi yang datang juga kita cek dan harus menggunakan masker,” pungkasnya. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar