Pendidikan & Kesehatan

Jumlah Pasien Covid Jember Terbanyak di Sekarkijang

Virus Corona

Jember (beritajatim.com) – Warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sudah berjumlah 86 orang, hingga Sabtu (13/6/2020). Jumlah ini terbanyak di kawasan Sekarkijang (Seluruh Eks Karesidenan Besuki dan Lumajang).

Sementara yang sembuh baru 16 orang dan empat orang meninggal dunia. Persentase pasien sembuh di Jember hanya 18,6 persen, hanya lebih baik daripada Situbondo yang hanya 14,29 persen (11 orang sembuh dari 77 kasus konfirmasi positif) dan kalah dibandingkan tiga kabupaten lain di Sekarkijang.

Sementara itu di Bondowoso, tujuh dari 20 kasus konfirmasi positif (35 persen) sudah dinyatakan sembuh. Persentase pasien sembuh Bondowoso lebih baik daripada Banyuwangi yang tercatat 25 persen (lima dari 25 kasus konfirmasi positif).

Jumlah dan persentase pasien sembuh di Sekarkijang terbaik terbanyak ada di Kabupaten Lumajang, yakni 33 dari 49 kasus konfirmasi positif dinyatakan sembuh, yakni 67,35 persen. Sementara itu, rata-rata Jawa Timur jumlah pasien sembuh adalah 28,96 persen.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember Gatot Triyono (kiri/dok humas)

Ditanya soal rendahnya angka kesembuhan ini, Minggu (14/6/2020), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember Gatot Triyono tak berkomentar. “Tidak bisa menjawab,” katanya. Sementara, itu jauh sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini juga menolak menjawab pertanyaan yang sama dari beritajatim.com.

Selama dua hari berturut-turut, 12 dan 13 Juni, di Jember ada tambahan 12 kasus konfirmasi positif, yakni kasus ke-75 hingga kasus ke-86. Tujuh kasus di antaranya adalah klaster bea cukai. Kasus ke-86 di Desa Sumberjati, Kecamatan Silo adalah perempuan pedagang pasar berusia 33 tahun. “Kasus pedagang pasar ini awalnya hasil rapid test. Setelah diketahui reaktif yang bersangkutan langsung dirawat lebih lanjut,” kata Gatot. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar