Pendidikan & Kesehatan

Jumlah OTG Covid-19 di Bangkalan Melonjak Tajam

Kepala Dinkes Bangkalan, Sudiyo

Bangkalan (beritajatim.com) – Jumlah kasus orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, mengalami peningkatan cukup signifikan. Saat ini sebanyak 145 orang berstatus OTG, padahal pekan lalu hanya 8 orang.

Hal ini diketahui melalui peta sebaran Covid-19 melalui situs resmi Pemprov Jatim sejak siang tadi. Jumlah OTG terus meningkat seiring meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di Bangkalan yang hingga hari ini berjumlah 4 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinker) setempat, Sudiyo mengatakan, higga hari ini pihaknya terus melakukan tracing pada seluruh orang yang berkontak langsung dengan empat penderita tersebut. “Tenaga kami sudah melakukan tracing ke seluruh tempat terutama wilayah-wilayah tempat tinggal 4 pasien,” terangnya, Senin (13/4/2020).

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan rapid test pada lingkup terdekat keempat pasien dan juga para OTG berdasarkan klasifikasi yang telah ditetapkan. “Akan kami periksa terutama orang-orang yang berada dalam lingkup empat pasien. Untuk OTG lainnya akan kami klasifikasi untuk dilakukan rapid setelah masa inkubasi 14 hari nanti,” lanjutnya.

Sementara itu, ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad meminta agar semua OTG dites rapid. Pasalnya, seluruh OTG memiliki potensi terpapar terutama masyarakat yang berkontak langsung dengan empat pasien positif corona.

“Semoga segera dilakukan rapid test pada semua OTG. Semua memiliki potensi, rapid tes diperlukan agar bisa dideteksi sejak dini dan mendapat penanganan dari pihak medis,” tandasnya. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar